home Berita Terkini Subsidi Dipangkas? Inilah Tips Irit Konsumsi BBM

Subsidi Dipangkas? Inilah Tips Irit Konsumsi BBM

image-mobkom-Jakarta, MobilKomersial.com – Berkaitan tentang pemberlakuan Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2014 Tentang APBN-P 2014, pemerintah dan DPR sepakat memangkas kuota BBM subsidi dari 48 juta kiloliter (kl) menjadi 46 juta kl. Untuk menjaga agar konsumsi BBM bersubsidi tak lebih dari kuota tersebut, telah diterbitkan Surat Edaran BPH Migas Nomor 937/07/Ka BPH/2014 tanggal 24 Juli 2014, tentang pengendalian konsumsi BBM bersubsidi.

Tidak pelak, nantinya akan ada banyak pembatasan tentang pemakaian bahan bakar. Tidak menutup kemungkinan pula tentang kenaikan harga BBM. Konsumen pun sekarang harus cermat dengan konsumsi BBM pada kendaraannya. Berikut ini adalah tips-tips untuk menghemat BBM saat berkendara:

1. Jangan memanaskan mobil terlalu lama

Tradisi kuno sebelum memulai perjalanan adalah memanaskan mobil sampai benar-benar siap. Namun ritual tersebut sudah tidak lagi berlaku. Pasalnya teknologi modern membuat mesin dapat langsung bekerja saat kondisi dingin. Jadi cukupkan saja memanaskan mesin mobil sampai jarum penunjuk suhu mesin bergerak.

2. Biasakan menggunakan GPS dalam pemilihan rute

Efektifitas jarak pemilihan rute menuju tempat tujuan akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM. USahakan untuk menggunakan GPS (Global Positioning System) untuk mempersingkat jarak, apalagi pada tempat-tempat yang belum pernah terjamah sebelumnya.

3. Memilih waktu keberangkatan

Tips ini sangat berlaku bagi mereka yang hidup di kota-kota besar. Waktu keberangkatan untuk perjalanan sangat berpengaruh besar dalam konsumsi BBM. Usahakan memilih waktu yang tepat agar tidak perlu terburu-buru maupun untuk menghindari jam-jam sibuk dimana rawan terjadi kemacetan.

4. Hindari berkendara agresif

Gaya berkendara sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Pengendara yang agresif melakukan penambahan dan pengurangan laju kendaraan denagn cepat. Alhasil mesin pun melahap dengan cepat semua BBM yang ada didalamnya. Selain menghemat BBM, berkendara yang bijak juga dapat menurunkan resiko kecelakaan lalu lintas serta mengurangi emisi gas buang. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan