home Berita Terkini, Mancanegara Recall VW Routan Rakitan 2009

Recall VW Routan Rakitan 2009

image-mobkom-Volkswagen Recall Routan Minivan
Foto: Leftlane News

Jerman, MobilKomersial.com- Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen AG (Aktiengesellschaft), telah memperluas investigasinya terhadap komponen switch pengapian untuk model Routan sejak diperkenalkan di 2009 lalu. Akibatnya, VW harus melakukan recall terhadap varian minivan hasil kolaborasi dengan Chrysler itu, lantaran disinyalir akan membahayakan pengemudinya.

Recall serupa pernah dilakukan VW untuk model Routan dan pertama kali diumumkan pada 2011 lalu, dan mempengaruhi sebanyak 12.600 unit rakitan 2010. Kampanye kali ini melibatkan lebih dari dua kali lipat dari total keseluruhan VW Routan yang beredar di pasaran.

Seperti dilansir LeftlaneNews, VW memaparkan bahwa setiap model Routan yang mengalami masalah ini sebagian besar adalah rakitan tahun 2009.

VW juga memperingatkan bahwa kunci kontak secara tidak sengaja dapat terjadi OFF mendadak ketika mobil sedang melaju. Kondisi ini otomatis akan mematikan mesin  dan berdampak juga pada sistem power steering, sistem brake assists serta airbag yang mati secara tiba-tiba. Setidaknya telah terjadi dua kasus kecelakaan yang disebabkan dari masalah ini.

Setelah melalui tahapan recall ini, kendaraan yang tercantum dalam daftar mobil yang bermasalah pada switch pengapiannya, akan dilengkapi dengan sebuah ring penahan posisi yang baru untuk mencegah saklar mendadak membalik keluar dari posisinya. (DD)

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan