home Berita Terkini, Tips Perawatan Sepeda Motor Pascamudik

Perawatan Sepeda Motor Pascamudik

image-mobkom-perawatan-sepeda-motor-pascamudik
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Setelah menempuh perjalanan jarak jauh dengan berbagai kondisi jalan, seperti saat mudik Lebaran,  sepeda motor butuh perawatan ekstra agar kondisinya kembali prima.

Berikut tips perawatan yang dapat dilakukan sendiri di rumah oleh para bikers, pascamudik dari kampung halaman dengan kuda besi andalannya.

Pertama mengecek kondisi oli mesin. Untuk pelumas ini, baik motor4-tak maupun 2-tak perlu diperiksa dan diganti jika sudah menempuh jarak 2 ribu km.

Kemudian periksa kondisi kampas rem depan dan belakang agar berfungsi normal. Mengingat perjalanan jauh, goncangan dan kondisi jalan mempengaruhi fungsi kampas rem, dan dapat membuat sistem pengereman bekerja kurang optimal.

Cermati pula kondisi tapak ban depan-belakang motor Anda. Jika kembang pada sudut ban terlihat sudah ‘gundul’ akibat menempuh perjalanan panjang mudik, sebaiknya diganti dengan karet ban yang baru. Tujuannya agar traksi roda ke aspal kembali normal dan tak membahayakan penegndara ketika melintasi permukaan jalan yang licin. pemotor

Terakhir dengan memeriksa kondisi busi, sebagai pemantik api pembakaran di dalam ruang bakar mesin motor Anda. Kondisi panas dan hujan yang menemani selama perjalanan mudik tentunya berdampak pada kinerja busi motor, untuk itu perlu diperiksa dan diganti bila Anda tidak ingin motor jadi rewel di jalan.

Tinggalkan Balasan