home Berita Terkini, Tips Pentingnya Menjaga Kebersihan Filter AC

Pentingnya Menjaga Kebersihan Filter AC

image-mobkom-Filter-Kabin-AC
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, Mobil Komersial.com – Setiap komponen mobil membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap optimal, termasuk halnya filter udara pada sistem pendingin kabin atau kerap disebut filter AC. Namun hal inilah yang tidak disadari oleh banyak pemilik mobil.

Menurut Ferry Jensen, juragan gerai Auto Rotary Bintaro, umumnya mobil baru yang masih setahun dipakai memang mendapat perhatian lebih dari pemiliknya, sehingga AC-nya masih terawat. “Tetapi biasanya setelah dua atau tiga tahun pemakaian, sudah banyak yang kurang peduli dengan AC mobilnya sampai kinerjanya pun menjadi tidak normal,” beber spesialis AC mobil yang mangkal di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan ini.

Kondisi yang kerap terjadi pada besutan lawas lama, evaporator AC sering kedapatan sudah dalam kondisi yang sangat buruk. Seperti permukaannya tertutup lendir bercampur kotoran mengendap. Jika hal ini terjadi pada kendaraan Anda, wajib segera dilakukan pembersihan untuk menghindari kerusakan fatal pada komponen penting dalam sistem pendinginan kabin mobil itu.

“Biasanya pada mobil yang sudah dipakai dua atau tiga tahun dari kondisi baru, evaporatornya sudah dalam kondisi buruk, jika AC kendaraan tidak ditambahkan filter udara untuk menyaring kotoran yang bisa masuk ke dalam jalur hisap AC,” ungkap Ferry saat berbincang dengan MobilKomersial.com di bengkelnya beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, kondisi evaporator AC cepat kotor karena tidak ada filter kabin AC. Debu dan air hasil kerja AC pun langsung menempel pada evaporator. “Banyak mobil yang tidak memiliki filter kabin AC sehingga debu atau air langsung masuk ke evaporator,” jelasnya.

Maka dari itu, Ferry menyarankan adanya penambahan filter kabin AC sebagai penyaring udara agar udara yang dihasilkan menjadi lebih bersih. Harga filter kabin AC pun cukup bervariasi tergantung varian kendaraan, berkisar di harga Rp180-200 ribuan. (LCO)

Bengkel Narasumber :

Auto Rotary Bintaro
Jl. RC. Veteran No.1A, Bintaro Raya, Jakarta Selatan
Telpon : 021-7342209
www.RotaryBintaro.com

 

 

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan