home Berita Terkini Pemerintah Tegaskan Tidak Tambah Kuota BBM Bersubsidi

Pemerintah Tegaskan Tidak Tambah Kuota BBM Bersubsidi

image-mobkom-kuota-bbm
Foto: Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Kelangkaan BBM yang terjadi di berbagai daerah mendorong masyarakat memaksa pemerintah untuk menambah kuota BBM bersubsidi. Namun pemerintah menegaskan bila tidak akan lagi menambahkan kuota BBM bersubsidi sampai akhir tahun 2014.

“Kalau Kuota BBM dinaikkan, maka subsidi akan naik lagi. Subsidi BBM ini sudah terlalu tinggi, harus dikurangi,” ujar Menteri ESDM, Jero Wacik, dikutip dari laman setkab, Senin (25/08).

Diterangkan bila hal tersebut sudah termasuk dalam program pengendalian pemakaian BBM subsidi jenis premium dan solar, agar konsumsi sampai akhir tahun sesuai target. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2014 tentang APBN Perubahan Tahun Anggaran 2014 telah menetapkan kuota BBM bersubsidi adalah sebesar 46 juta kiloliter.

Namun Menteri ESDM membantah anggapan, jika upaya menjaga konsumsi BBM bersubsidi tidak melebihi kuota itu mengakibatkan kelangkaan BBM. Sebagaimana terlihat dari banyaknya antrean pembelian BBM subsidi di sejumlah SPBU di daerah

“BBM nonsubsidi tersedia dengan melimpah. Untuk subsidi memang dikurangi. Jadi, tidak ada kelangkaan BBM,” kata Jero.

Ia meminta kesadaran pengguna BBM khususnya kelas menengah ke atas untuk membantu negara dengan mengurangi pemakaian BBM bersubsidi. “Kalangan menengah atas tidak akan miskin kalau beli BBM nonsubsidi. Jadi, bantulah negara untuk mengurangi BBM subsidi,” ujarnya. (MOS)

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan