home Berita Terkini Patenkan Nama Baru, Nissan Dituntut Pemilik Sirkuit

Patenkan Nama Baru, Nissan Dituntut Pemilik Sirkuit

Mobkom-Image-Infiniti-Q50-Eau-Rouge-Janjikan-Fitur-F1
Foto: infiniti

Eropa, MobilKomersial.com – Pabrikan Nissan tengah menghadapi permasalahan dengan nama barunya. Berencana memberikan nama Eau Rouge untuk varian baru Infiniti, niatan Nissan ini malah terganjal hak paten nama pemilik sirkuit.

Sebenarnya Infiniti sudah menggunakan nama Eau Rogue semenjak sedan konsep Q50 mereka debut di Detroit Auto Show Januari lalu. Insipirasinya sendiri datang dari bagian pojokan curam di sirkuit Spa-Francorchamps, dimana Nissan GT-R memenangkan balapan ketahanan 21 lap di tahun 1991 dengan mengalahkan nama-nama tenar seperti Porsche 911 dan BMW M3.

Namun justru itulah yang menjadi masalah. Seperti dilansir Bloomberg, belum ada hak cipta Nissan atas nama yang berarti “sungai merah” tersebut. Di Amerika sendiri hak kepemilikan nama tersebut masih dipertimbangkan US Patent and Trademark Office sejak dimasukannya berkas pada Januari lalu.

image-mobkom-
Foto: richlandf1

Di Eropa Nissan malah menghadapi permasalahan yang lebih berat. Kantor paten Uni Eropa pada tanggal 24 April sudah memberikan hal nama “L’Eau Rouge” kepada perwakilan sirkuit Spa-Francorchamps. Hal itu berarti bila Nissan ingin menjual mobil dengan nama tersebut di Eropa, pabrikan Jepang tersebut harus menjalin kesepakatan dengan pemilik sirkuit.

Sirkuit Spa-Francorchamps sendiri adalah sirkuit bertaraf internasional yang bertempat di Belgia. Sirkuit tersebut kini menjadi langganan tur Formula OneĀ  sejak 2007. Lap tercepat disana dipegang oleh Sebastian Vettel dari tim Infiniti Red Bull F1. (MOS)

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan