home Berita Terkini, Tips Pasang Ekstra Fan Pajero Sport

Pasang Ekstra Fan Pajero Sport

Jakarta, MobilKomersial.com – Ekstra fan menjadi begitu penting untuk mobil-mobil di perkotaan dengan kondisi lalu-lintas yang sering macet seperti di Jakarta. Kipas tambahan ini digerakkan oleh listrik dan terpasang di depan radiator, dan berperan sebagai pendukung kerja dari kipas utama untuk menyuplai tambahan angin ketika mobil terjebak dalam kemacetan.

Sayangnya, tidak semua varian mobil dimodali ekstra fan oleh pabrikannya. Contohnya seperti varian Mitsubishi Pajero Sport Exceed, Dakar 4×2 dan tipe GLS model terdahulu, yang memang belum dilengkapi kipas tambahan sebagai kelengkapan standarnya. Meski begitu, pada beberapa mobil, ekstra fan didesain menyatu dengan kipas pendingin mesin. Seperti pada Nissan Livina dan Toyota Avanza.

“Saya baru sadar kalau bawaan mobil ga ada extra fan-nya, terpaksa beli tambahan sih karena butuh untuk dinginin mesin,” ungkap Dimas Ariyudha, pemilik Pajero Sport Dakar 4×2 tahun 2011 saat berbincang dengan MobilKomersial.com beberapa waktu lalu.

Menurut Ferry Jensen, pemilik bengkel Auto Rotary Bintaro, spesialis AC mobil di kawasan Bintaro, ekstra fan juga berfungsi untuk memberik tambahan udara pada kondensor agar mampu mendinginkan freon yang panas. “Ekstra fan harus ada karena memiliki fungsi mendinginkan freon AC, sehingga udara ruang kabin tetap dingin,” jelas Ferry saat ditemui MobilKomersial.com di workshop-nya di kawasan Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan.

Ferry menambahkan, meski beberapa tipe Pajero Sport lansiran awal belum dibekali ekstra fan, namun dudukan baut dan soket kabelnya sudah tersedia. Jadi kita tinggal pasang kipas tambahan yang direkomendasikan secara plug and play tanpa perlu mengubah apapun.

Berikut ini langkah pemasangan ekstra fan pada Mitsubishi Pajero Sport yang diterapkan pada tipe Dakar 4×2 tahun 2011 :

image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
1
image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
1

Langkah 1 : Buka baut pengancing gril untuk membuka kedua bagian frame cover-nya, karena posisi ekstra fan di Pajero Sport berada tepat di balik gril depan mobil sebelah kanan.

image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
2

Langkah 2 : Buka dua baut kanan-kiri pegangan bemper depan, yang menyatu dengan dudukan logo tiga berlian bawaan Pajero Sport. Hal ini untuk memberi keleluasaan pada saat memasukkan bodi ektra fan yang posisinya tepat di depan kondensor AC mobil.

image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
3
image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
3

Langkah 3 : Siapkan ektra fan yang direkomendasikan oleh pabrikan, seperti merek Denso yang juga dijual di gerai Auto Rotary Bintaro. Kemudian masukkan pada posisinya dengan menarik sedikit pegangan bemper depan yang sudah terlepas dari bautnya tadi. Kencangkan dudukannya dengan baut-ring di ketiga posisi masing-masing (atas-kiri tengah-kanan bawah). Supaya ekstra fan tetap stabil dan tidak mudah bergerak saat terjadi guncangan berlebihan.

image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
4
image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
4

Langkah 4 : Sambungkan kabel ektra fan ke soket kabel yang sudah tersedia di mobil. Jangan lupa memasang sekering kipas tambahannya pada dudukan fuse, yang sudah tersedia dalam boks sekering di kompartemen mesin Pajero Sport. Supaya menghindari terjadinya korsleting saat terjadi lonjakan tegangan listrik pada kendaraan, yang dapat menyebabkan kerusakan atau terbakarnya motor ekstra fan.

image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
5
image-mobkom-pasang-ekstra-fan-pajero-sport
5

Langkah 5 : Pasang kembali semua baut pengancing gril berikut pegangan bemper depannya. Anda bisa langsung menjajal performa kipas tambahan ini untuk memaksimalkan proses pendinginan mesin dan freon AC.

 

 

 

 

Dokumentasi : Auto Rotary Bintaro

Tinggalkan Balasan