home Berita Terkini MPV dan Compact Car Sumbang Penjualan Terbesar di 2014

MPV dan Compact Car Sumbang Penjualan Terbesar di 2014

image-mobkom-mpv-dan-compact-car-sumbang-penjualan-terbesar-di-2014
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Meski sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mengeluhkan kondisi pasar otomotif Indonesia yang belum kembali normal pascalibur Lebaran, namun PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku ATPM kendaraan Toyota di Tanah Air yakin jika sektor ini akan berangsur membaik.

Keyakinan ini bukan tanpa alasan, karena pasar otomotif nasional pada 2014 masih akan didominasi segmen multi purpose vehicle (MPV) dan compact car seperti model city car, hatchback serta LCGC (Low Cost Green Car) yang terus meningkat dari sisi penjualan.

Terlebih lagi segmen MPV danĀ compact car terus memberi kontribusi berarti di pasar otomotif Indonesia pada level menengah, yang pasarnya lebih besar ketimbang kelas premium. Data Gaikindo menunjukan, sejak Januari hingga Juli 2014 segmen MPV baik kategori low, medium, maupun high telah berkontribusi mencapai 40,04 persen, sedangkan compact car menyumbang penjualan sebesar 22,02 persen terhadap keseluruhan pangsa pasar kendaraan penumpang di Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan angka penjualan di tahun 2013 lalu.

Menurut Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM, target penjualan mobil akan tercapai di angka 1,2 juta unit, mengingat pada semester pertama 2014 tingkat penjualan di pasar otomotif Indonesia mencapai 733.716 unit dengan kontribusi terbesar dari segmen MPV dan compact car.

Rahmat mengakui ada penurunan yang signifikan pada awal semester dua, lantaran berkaitan dengan masa liburan hari Raya Idul Fitri. Namun begitu, lanjut Rahmat, pasar otomotif secara keseluruhan tidak terkoreksi dan akan tetap melaju sesuai target yang diinginkan.

 

Tinggalkan Balasan