home Berita Terkini Fokus Crossover, Minivan Mazda5 Dipensiunkan

Fokus Crossover, Minivan Mazda5 Dipensiunkan

image-mobkom-mazda5
Foto: Mazda

Jepang, MobilKomersial.com – Sebuah berita mengejutkan keluar dari pabrikan Mazda. Dikabarkan bila varian minivanĀ  Mazda5 akan segera dihentikan produksinya.

Menurut Automotive News, keputusan dikontinu ini akan dilakukan di tahun 2015 dengan alasan minimnya penjualan. Ramainya permintaan akan crossover pun dituding jadi alasan anjloknya penjualan.

Sudah diluncurkan mencapai model ketiga dalam generasi keduanya, Mazda5 berdiri dalam posisi unik sebagai minivan yang dikerdilkan bila dibandingkan minivan tradisional lainnya. Meski begitu ruang kosongnya lebih luas dan efisien bila dibandingkan dengan crossover. Terlebih lagi pengendalian yang mudah dan pilihan transmisi manual, opsi yang tentunya akan digemari bagi para pecinta van keluarga.

Meski begitu, kenyataan di lapangan berbicara lain. Mazda5 belum pernah menjadi primadona penjualan. Volumenya pun menurun dari puncaknya di 2008 dengan 22 ribu unit menjadi 13 ribu tahun lalu.

Mengikuti hilangnya Mazda5 dari peredaran, pabrikan Jepang ini dilaporkan akan lebih berfokus pada crossover. Sebuah subkompak CUV level bawah, CX-3, telah disiapkan untuk diluncurkan pada 2016. Sebuah versi facelift CX-5 juga direncanakan rilis sebagai model 2016. Belum lagi CX-9 yang akan keluar di 2017 dengan mesin empat-silinder 2.5-liter turbocharger menggantikan mesin V6-nya kini. (MOS)

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan