home Berita Terkini LCGC Tidak Berikan Pengaruh Besar untuk Kemacetan Jakarta

LCGC Tidak Berikan Pengaruh Besar untuk Kemacetan Jakarta

image-mobkom-LCGC Tidak Berikan Sumbangan Besar pada Kemacetan Jakarta
Foto: Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Kemacetan Jakarta sudah dinilai terlampau parah karena banyaknya kendaraan yang berseliweran di setiap sudut Jakarta. Banyak orang menilai masalah ini terjadi karena pertumbuhan jalan yang minim berbanding terbalik dengan volume kendaraan yang terus membanjiri Jakarta.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta menyatakan pertumbuhan jalan pada tahun 2013 hanya 0,01 persen sementara pertumbuhan mobil menembus angka 2.541.351 unit di 2013. Apalagi setelah adanya dukungan pemerintah terhadap hadirnya segmen LCGC di Indonesia tahun 2013, yang diprediksi akan memperparah kemacetan Jakarta.

Namun setelah program ini bergulir, mobil yang dibanderol di kisaran Rp100 jutaan ini bukan merupakan satu-satunya faktor penyumbang terbesar kemacetan Jakarta. Hal ini diamini Noegardjito, Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), karena dari total penjualan mobil murah, hanya 3 persen konsumen Jakarta yang mau membeli mobil LCGC, sisanya di luar kota.

Noegardjito juga menilai masyarakat Jakarta cenderung memiliki selera yang tinggi sehingga pastinya memilih kelas yang ada di atas segmen LCGC.

Begitu pun Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran Honda Prospect Motor (HPM), menilai pertumbuhan pasar LCGC akan meluas tetapi sangat terbatas. Pasalnya semakin baik pertumbuhan ekonomi, masyarakat akan semakin memilih mobil yang ada di kelas lebih tinggi.

“pasar LCGC ke depan akan meluas, akan tetapi ada batasnya,” begitu ujarnya.

Jonfis bahkan memprediksi, kelak LCGC akan stabil di kisaran 20% dari total pasar otomotif Indonesia. Pasar LCGC pun diperkirakan akan besar di luar daerah Jakarta. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan