Koran Dapat Diubah Jadi Bahan Bakar Hijau

image-mobkom-
image-mobkom-koran
Foto: pixabay

Amerika Serikat, MobilKomersial.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, koran versi cetak pun perannya mulai tergantikan dengan versi elektronik. Meski kini penggunaanya tengah menurun, namun siapa sangka bila kini koran-koran tersebut dapat diubah menjadi bahan bakar hijau?

Sebuah tim peneliti dari Tulane University yang menemukan sejenis bakteri unik pada material kertas koran. Bakteri tersebut dapat membantu proses perubahan koran menjadi bio butanol yang dikenal sebagai senyawa yang mirip dengan bensin.

Tim yang dipimpin doktor Harshad Velankar tersebut menemukan bila bakteri yang dikenal dengan nama TU-103 ini, banyak sekali berada di dalam koran. Bakteri tersebut juga banyak ditemukan dalam kotoran binatang tersebut dikenal sebagai sumber yang kaya akan bio butanol.

Sebuah keterangan yang diberikan oleh autoevolution mencatatkan bila Butanol adalah senyawa yang memiliki kepadatan energi yang mirip dengan bensin. Tercatat butanol memiliki 29 MJ/L, hampir mendekati bensin dengan 32 MJ/L. Bila dibandingkan dengan bahan bakar alternatif lain, butanol menawarkan 9.6 MJ/L lebih banyak daripada Ethanol dan 13,2 daripada Methanol.

Hal yang lebih baik lainnya pada Butanol adalah konsumsi energinya. Mesin hanya mengkonsumsi butanol 10 persen lebih banyak daripada bensin. Prosentase tersebut jauh lebih baik daripada Ethanol yang mengkonsumsi 40% lebih banyak daripada bensin. (MOS)

Hits: 41

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan