home Berita Terkini, Tips Kenali Bentuk dan Harga Karet Kaca Mobil Anda

Kenali Bentuk dan Harga Karet Kaca Mobil Anda

Jakarta, MobilKomersial.com – Tidak jarang para pemilik mobil baru kurang paham seputar karet yang mengapit kaca mobilnya. Padahal komponen elastis ini cukup penting untuk menopang keawetan termasuk kinerja sistem buka-tutup pada kaca kendaraan Anda.

Kali ini MobilKomersial.com akan berbagi pengetahuan dalam mengenali bentuk-bentuk karet kaca mobil Anda, termasuk tips perawatan supaya lebih tahan lama serta harga komponen karet kaca di pasaran umum.

KARET CHANNEL KACA

image-mobkom-kenali-bentuk-dan-harga-karet-kaca-mobil-anda
FOTO : Antonius

image-mobkom-kenali-bentuk-dan-harga-karet-kaca-mobil-andaMenjaga agar kaca jendela pintu mobil tak mudah baret pada bagian pinggirannya, lantaran sering dibuka-tutup saat mengambil tiket parkir atau membayar uang tol, pabrikan selalu melengkapinya dengan menambahkan komponen berupa karet channel. Pada permukaan bibir karet sebelah dalam yang langsung bersentuhan dengan kaca, terdapat lapisan bulu halus seperti kain bludru. Fungsinya untuk menyapu debu kasar atau kerikil yang mungkin terbawa di permukaan kaca, sehingga tak akan membaret permukaan kaca sewaktu jendela dibuka-tutup.

Treatment khusus pada karet channel sebetulnya tidak ada. Namun untuk menjaga keawetannya, usahakan jangan pernah ketumpahan cairan apapun yang bisa menimbulkan bercak membekas yang sifatnya mengeras. Seperti tiner atau lem multi-purpose yang berkarakter keras terhadap karet. Sebab fungsi pelapis halus pada permukaannya dapat berubah menjadi keras, yang akan berpotensi membaret permukaan kaca saat buka-tutup. Sebisa mungkin sehabis mencuci mobil, bersihkan dari air pakai kain lap kering atau embusan angin kompresor.

Jika harus mengganti baru, kebanyakan pedagang karet mobil menawarkan satu roll. “Ukuran satu kaca pintu biasanya satu roll. Tapi untuk model kaca geser (sliding window) seperti bawaan umumnya mobil minibus tahun lawas atau Land Rover Defender keluaran terbaru sekali pun, biasanya dijual meteran,” papar Edi, personel Cahaya Putra Karet di Kompleks Mega Spare Parts, Jln. Taman Sari Blok C12 No.2A, Jakarta Barat.

Harga Karet Channel Kaca di Pasaran
Karet channel naik-turun : Rp 40.000/roll
Karet channel sliding (model dobel) : Rp 35.000/meter
Karet channel sliding (model polos) : Rp 25.000/meter

KARET PLIPIT KACA

image-mobkom-kenali-bentuk-dan-harga-karet-kaca-mobil-andaMenjaga agar pelat bagian dalam pintu tak mudah berkarat, serta mencegah rel kaca di dalamnya macet akibat kotoran mengendap, pintu mobil sebelah luar selalu diberi tambahan karet plipit pada bagian pangkal bingkai kacanya. “Fungsinya juga untuk menahan kaca saat naik-turun, agar tidak gampang oblak (bergeser-RED.)) dan terbaret,” ujar Wawan, penjaja karet kendaraan dari kios Bandung Jaya di Pasar Mobil Kemayoran (PMK), Jakarta Pusat.

Karet plipit umumnya ada dua macam, sistem kancing dan jepit. Model jepit dipakai untuk bodi pintu dengan pelat lebih di atasnya. Sehingga karet bisa langsung dijepitkan di sepanjang permukaan pelat tadi. Tipe ini biasa dipakai pada mobil minibus seperti Isuzu Panther, Toyota Innova dan Avanza.

Sedangkan model kancing, untuk menempelkannya butuh bantuan kancing berbahan plastik atau pelat besi. Jenis ini kebanyakan dipakai di hampir semua varian sedan Jepang. Kancingnya sendiri harus dibeli terpisah, karena tidak dijual dalam satu paket kemasan dengan karet plipit. “Harga kancing antara Rp 2.000-3.500 per buah, tergantung model dan materialnya,” tambah Wawan.

Harga Karet Plipit Kaca di Pasaran
Karet plipit kaca (sistem jepit) : Rp 70.000/batang
Karet plipit kaca (sistem kancing) : Rp 40.000/batang

 

10 thoughts on “Kenali Bentuk dan Harga Karet Kaca Mobil Anda

  1. Berapa harga karet Channel kaca naik turun dan harga karet plipit pintu untuk Honda city IDSI tahun 2013 & bagaimana pemesanannya, Alokasi domisili di Palembang.
    Terimakasih

  2. Berapa harga karet pelipit untuk mobil toyota all new 1,8 satu set, dan brp biaya kirimnya ke lampung

  3. Gimana cara pemesanan untuk karet pelipit jepit, sama karet kaca chanel untuk sedan honda civic tahun 1989 trimakasih

Tinggalkan Balasan