home Berita Terkini, Bus & Truk Indonesia Pengimpor Terbesar Truk Fuso

Indonesia Pengimpor Terbesar Truk Fuso

image-mobkom-Indonesia Pengimpor Terbesar Fuso
Dedi Sofyan

Jakarta, MobilKomersial.com – Indonesia menjadi negara yang memberikan kontribusi besar terhadap impor truk Fuso dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) Jepang. Hal ini diakui oleh Yoshiro Motoyama Member Of The Board, SVP Head Operation Truck & Bus MFTBC.

Sampai saat ini, menurut catatan Mitsubishi ada 150 negara yang mendapatkan ekspor mereka. Dari 170 ribu unit bus dan truk yang diproduksi, sekitar 130 ribu diekspor dari Jepang dan 40 sampai 50 % diekspor ke Indonesia.

Yoshiro juga menganggap pasar otomotif Indonesia relatif kuat sehingga penjualan Mitsubishi terus meningkat setiap tahun, sehingga pihak Daimler selaku pemilik 89% saham MFTBC tetap menempatkan Indonesia selaku pasar terbesar dari penjualan Fuso secara global.

Ia juga menyebutkan pada tahun ini produksi truk dan bus dari Kawasaki Plant, markas Fuso di Jepang, bisa menembus sedikitnya 200.000 unit.

Sementara itu, Daigo Fukumoto, Head of Marketing Unit PT KTB MFTB, mengatakan pihaknya menghadapi kompetisi ketat dengan Hino, Isuzu dan Toyota di pasar truk medium di Indonesia. Namun truk Fuso yang saat ini menguasai 23 % pangsa pasar  yakin ke depan mereka mampu meningkatkan pangsa mereka hingga 30 %.

Untuk itu, Fukumoto menyebutkan pihaknya akan menggunakan kesempatan jelang Indonesia International Motor Show (IIMS), awal September untuk merilis produk truk medium seri FJ2523 6×2 dan FJ2528 seri mixer yang juga akan hadir di IIMS 2014. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

 

Tinggalkan Balasan