home Berita Terkini Ekspor Otomotif Indonesia Diprediksi Turun Semester II

Ekspor Otomotif Indonesia Diprediksi Turun Semester II

image-mobkom-Ekspor Otomotif Indonesia Anjlok pada Semester II
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Kalangan pengusaha otomotif khawatir pertumbuhan volume ekspor otomotif Indonesia tidak berkembang signifikan pada semester II/2014, karena pengaruh penurunan ekspor yang terjadi pada semester I/2014.

Menurut Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Bermotor Indonesia (Gaikindo), kemungkinan ada penurunan yang signifikan dan tidak akan melampaui volume ekpor tahun 2013. Gaikindo memprediksi volume ekspor mobil hanya 200.000 unit saja pada tahun ini. Jumlah itu menurun dibandingkan dengan periode tahun 2013 yang mencapai 250.000 unit.

Ini berarti penurunan volume ekspor otomotif yang akan terjadi pada semester II/2014 sebesar 10 persen, sehingga kalkulasi sementara dari ekspor otomotif diprediksi hanya akan mencapai 2 miliar dolar AS. Nilai tersebut merosot jauh dari tahun sebelumnya yang mencapai 4.43 miliar.

Demi menggenjot ekspor otomotif Indonesia, Gaikindo meminta pemerintah untuk memperhatikan sejumlah regulasi untuk memenuhi permintaan pasar otomotif luar negeri yang sudah mulai bergeser dari segmen MPV ke sedan. Hal tersebut ditengarai menjadi pemicu menurunnya volume ekspor Tanah Air.

Untuk itu, Indonesia harus merubah strateginya agar ikut bermain dalam produksi sedan. Pasalnya selama ini industri otomotif Tanah Air masih menjadi basis sebagai produsen mobil di segmen MPV. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan