home Berita Terkini, Tips Diagnosa Magnetic Clutch Kompresor AC yang Bermasalah

Diagnosa Magnetic Clutch Kompresor AC yang Bermasalah

image-mobkom-diagnosa-magnetic-clutch-kompresor-ac-yang-bermasalah
Foto : Auto Rotary Bintaro

Jakarta, MobilKomersial.com – Sebenarnya ada cara untuk diagnosa lebih dini pada gejala yang muncul akibat masalah pada komponen magnetic clutch kompresor AC. Caranya, menurut Ferry Jensen dari Auto Rotary Bintaro, dengan memberi arus listrik sebagai daya kejut di bagian center piece pada kompresor AC.

“Cara menganalisa magnetic clutch rusak itu cukup sederhana, yaitu memberikan arus listrik 12 volt langsung dari aki ke magnet clutch. Jika center piece tidak tertarik saat diberi arus listrik berarti magnet clutch bermasalah,” jelas Ferry.

Pengecekan dapat dilakukan dengan cara lain, yakni dengan memeriksa arus pada kabel strum (+) yang menjadi penghubung ke magnet menggunakan testpen. Apakah strum (+) standby ketika switch AC di posisi ON.

Jika arus listriknya ada namun kabel yang dicolok ke magnetic clutch tapi tidak bisa hidup, maka dipastikan magnetic clutch bermasalah.

Perlu diketahui, jika komponen ini sedang bermasalah, motor blower bagian dalam tetap hidup, motor fan AC bagian luar mesin juga tetap hidup, sementara putaran mesin bisa juga akan naik di atas angka 1.000 rpm.

image-mobkom-diagnosa-magnetic-clutch-kompresor-ac-yang-bermasalahHal itu terjadi karena arus listrik dari saklar dalam, tetap menyuplai ke 4 komponen diatas. Namun karena magnetic clutch tidak berfungsi, maka beban dari kompresor ke mesin tidak ada. Sehingga membuat putaran mesin ngeloss (tanpa tertahan) dan naik diatas 1.000 rpm.

One thought on “Diagnosa Magnetic Clutch Kompresor AC yang Bermasalah

Tinggalkan Balasan