home Berita Terkini, Mancanegara Chrysler Bakal Gunakan Bodi Alumunium

Chrysler Bakal Gunakan Bodi Alumunium

image-mobkom-chrysler-bakal-gunakan-bodi-alumunium
Foto : Leftlane

Amerika Serikat, MobilKomersial.com – Chrysler Group, LLC dikabarkan akan terus mempertahankan tradisinya menggunakan tubuh baja untuk semua model truk pikapnya sampai tahun 2020. Meski begitu fakta mengatakan lain, lantaran perusahaan yang berbasis di Auburn Hills, Michigan, AS itu sudah memperkenalkan generasi penerus Ram 150 dengan bodi seluruhnya berlapis alumunium.

Untuk teknologi bodi berbahan alumunium, Ford sudah memimpin terlebih dulu lewat transmisi bermaterial alumunium pada pikap F-150 di tahun 2015 mendatang. Komponen transfer case ini diklaim lebih ringan 700 kg dari tipe sebelumnya. Tak heran jika dibutuhkan investasi lebih mahal untuk pembuatannya, karena jenis logam ini lebih mahal ketimbang baja.

Namun menurut Chrysler, penggunaan material alumunium memungkinkan sebuah pikap dapat menghemat pemakaian bahan bakar yang lebih banyak, karena daya kerja mesin lebih kecil dibanding menggunakan bodi berpelat baja yang bobotnya lebih berat. Seperti dikutip Leftlane, General Motors (GM) merupakan produsen mobil yang sangat konsisten menggunakan alumunium sebagai bodi untuk berbagai pikup yang diproduksinya, yang kemungkinan akan berlangsung hingga 2018 medatang.

Chrysler Group, LLC rupanya tertarik mengadaptasi teknologi ini dan mulai mengambil ancang-ancang melakukan investasi untuk melengkapi line produksi, walaupun kemungkinan total nilai investasinya akan lebih rendah dari Ford atau GM. Chrysler menilai jika pemakaian material dari baja hanya akan potensial untuk para pelanggan kendaraan komersial.

Kemungkinan Ram, salah satu merek dagang Chrysler Group, LLC yang memproduksi jenis kendaraan truk dan kendaraan komersial lainnya itu, nantinya akan menggunakan bodi dengan material aluminium secara bertahap hingga 2021 menyesuaikan komponen pendukung yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan