home Berita Terkini, Mancanegara Thailand Kukuhkan Dirinya di Mata Pabrikan Jepang

Thailand Kukuhkan Dirinya di Mata Pabrikan Jepang

image-mobkom
Foto: Paultan.org

Bangkok, MobilKomersial.com – Terlepas dari ketidakstabilan kondisi politik, Thailand tetap memegang peranan vital bagi pabrikan Jepang. Baik dalam segi manufakturing maupun sebagai basis ekspor. Terbukti dengan diresmikannya pabrik kedua dari Nissan beberapa waktu yang lalu di negeri gajah putih tersebut.

Dalam pabrik yang dikhususkan untuk membangun varian pikap NP300 Navara, pabrikan asal Jepang ini sudah menggelontorkan dana mencapai 3.7 miliar bath. Hasil produksinya yang mencapai 75,000 unit pun akan diekspor, selain ditujukan sebagai pemenuhan pasar domestik.

Menurut Nissan Executive Vice President for Global Manufacturing, Fumiaki Matsumoto, Thailand adalah pasar kunci bagi pabrikan dan bagian integral dari strategi pertumbuhan pabrikan di Asia. “Thailand adalah mesin pertumbuhan kami di region ini. Jadi kami sangat bersemangat dengan hadirnya pabrik kedua ini yang akan memproduksi pikap terbaru kami,” jelasnya, dikutip dari The Nation.

Kini, Nissan telah mempunyai dua pabrik perakitan dan satu fasilitas R&D di Thailand. Memperkuat pentingnya Asian HUB untuk ekspor dan manufakturing. “Hal ini menguatkan optimisme kami untuk Thailand sebagai pasar otomottif yang berkembang. Sebuah pusat manufakturing yang terpercaya utuk regionnya dan sebagai ekspor hub di dunia,” jelasnya.

Pabrik baru ini akan menambah kapasitas produksi Nissan di Thailand hingga mencapai 370,000 kendaraan. Lebih dari setengah yang diproduksi di pabrik baru akan diekspor ke pasar global. Rasio lokalisasi kendaraan yang diproduksi sendiri sudah mencapai 85 persen, termasuk mesin. Nissan sendiri sudah menancapkan kaki di negeri kerajaan tersebut sejak 1963, dengan empat mobil yang keluar dari lini peroduksi  per hari. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan