home Berita Terkini, Event Smart Mudik with Toyota Bekali Pemudik dengan Smart Driving

Smart Mudik with Toyota Bekali Pemudik dengan Smart Driving

image-mobkom-smart-mudik-with-toyota
Foto: TAM

Jakarta, MobilKomersial,com – Mudik adalah kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia saat libur Lebaran.  Namun kesadaran akan keselamatan saat berlalu-lintas masih perlu ditingkatkan di kalangan pengguna kendaraan bermotor. Sebagai bagian program CSR dan kelanjutan kegiatan “Smart Driving”, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali memberikan pembekalan kepada masyarakat terhadap keselamatan berkendara di jalan raya sebelum melakukan perjalanan mudik.

Data Kepolisian Republik Indonesia tahun 2013 menyebutkan selama masa mudik hingga H+7 terjadi 3.279 kasus kecelakaan dengan korban meninggal sekitar 700 lebih. Walaupun data ini turun sekitar 30% dibandingkan tahun 2012, akan tetapi kesadaran akan keselamatan berlalu lintas, terutama saat masa mudik, perlu ditingkatkan kewaspadaannya. Jasa Marga pun memiliki data bahwa kecelakaan yang terjadi di jalan Tol banyak yang diakibatkan oleh kelalaian manusia.

Atas dasar keperdulian ini, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT TAM mengadakan pembekalan program Smart Driving –Drive Your life mengenai bagaimana cara mengemudi aman saat Mudik.  “Smart Mudik with Toyota” merupakan kelanjutan dari Program Smart Driving yang sudah diusung Toyota sejak 2007.

Dimuali dari pembekalan coaching clinic kepada komunitas Etios Valco (TEVCI) dan Komunitas Astra Toyota AGYA (TAC) untuk mempersiapkan para pengguna Toyota ini dalam perjalanan mudik dalam coaching clinic Toyota Smart Driving. Para pengguna kendaraan ‘City Car’ ini merupakan mayoritas pengemudi yang baru pertama kali memiliki mobil atau masyarakat yang baru beralih dari kendaraan roda dua.

image-mobkom-smart-driving

Bertempat di Auto2000 Lenteng Agung, Smart Mudik with Toyota ini juga mengadakan pergantian Oli (Toyota Motor Oil) secara gratis bagi pemilik kendaraan yang hadir pada saat pembekalan. Tujuannya adalah memberikan ketenangan bagi pemilik saat ingin melakukan mudik agar kendaraan yang mereka gunakan dalam kondisi prima.

Sementara itu, PT TAM juga melakukan sosialisasi program Smart Driving kepada pelanggan Toyota yang melakukan servis kendaraan mereka di bengkel resmi Toyota mulai H-4. Diharapkan dengan pembekalan ini, pelanggan Toyota sampai dengan selamat dan mendapat tambahan pengetahuan mengenai kewaspadaan dalam berkendara.

Selain pembekalan kepada komunitas dan pelanggan Toyota, tim Smart Driving pun memberikan bekal kepada karyawan PT Toyota-Astra Motor, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik. Diharapkan pula dengan pembekalan ini, karyawan dapat menjadi duta dalam menyebarkan informasi dan pengetahuan cara mengemudi yang benar dan aman.

image-mobkom-

Pembekalan Toyota Smart Driving ini disesuaikan dengan kondisi mudik dengan berbagai problematika dan tantangan, tidak lain agar para pemudik ini bisa melakukan berbagai antisipasi sesuai kondisi yang terjadi saat mudik. Antara lain seperti manajemen pengaturan barang di bagasi agar tidak menggangu penumpang serta tidak mengganggu pandangan pengemudi ke belakang. Ataua cara mengatasi stress ketika macet mudik yang berkepanjangan.

“Program CSR Toyota sesungguhnya memberikan kebaikan kepada alam dan manusia, tidak berbeda dengan salah satu fokus utama CSR kami, yakni Community Development dan Traffic Safety. Kami berharap, dengan pembekalan ini, pengguna Toyota lebih aware akan keselamatan berkendara. Kami ucapkan selamat mudik, agar bisa berkumpul bersama keluarga. Kami dari Toyota senantiasa menjaga perjalanan para pemudik dengan posko  dan bengkel siaga,” sambut Widyawati, General Manager Corporate Planning and Public Relation PT TAM.

Toyota Smart Driving dimulai dari 2007 dan konsisten diadakannya pembekalan terhadap keselamatan berkendara setiap tahun dengan beragam aktifitas. Antara lain memberikan video Smart Driving kepada masyarakat dan kampus-kampus, komunitas pemilik Toyota, serta Smart Driving Clinic for Women and Youngsters Customer. Bahkan, belum lama ini Toyota Smart Driving memberikan bekal berkendara secara aman kepada para finalis Wajah Femina 2013. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan