home Berita Terkini, Transportasi Rute Alternatif Mudik, Pasca Jembatan Utara dan Selatan Amblas

Rute Alternatif Mudik, Pasca Jembatan Utara dan Selatan Amblas

image-mobkom-Rute Alternatif Mudik, Pasca Jembatan Utara dan Selatan Amblas
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Mudik Lebaran 2014 akan memakan banyak waktu dan menguras tenaga pemudik. Pasalnya jalur Pantai Utara (Pantura) yang biasanya menjadi rute andalan pemudik mengalami  kemacetan parah setelah anjloknya jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah pada 17 Juli 2014.

Untuk itu, pihak kepolisian dan perhubungan setempat dibawah koordinasi langsung kementrian mengambil langkah cepat agat tidak terjadi penumpukan kendaraan dengan mengarahkan kendaraan melalui jalur selatan,. Namun hal serupa ternyata terjadi di jalur selatan. Fondasi jembatan Sungai Cibaruyan di Kampung Cianda, Desa Sukahaji, Ciamis Jawa Barat, Kamis dini hari (24/07) ikut ambruk setelah digerus banjir.

Meski begitu MobilKomersial.com berhasil menghimpun beberapa rute alternatif mudik yang dapat digunakan. Berikut ini adalah tiga rute alternatif mudik yang dapat digunakan pemudik untuk menghindari jembatan Comal, Pemalang Jawa Tengah :

Pertama: Melalui jalur lokal yaitu jalan-jalan tingkat Kabupaten. Jalur ini meliputi jalan kecil, dengan lebar sekitar 4 meter. Jalur alternatif ini tidak diperuntukan untuk kendaraan berat.

Kedua: Masyarakat atau pengguna jalan dapat melalui jalur tengah. Yaitu dengan melewati Temanggung atau Wonosobo. Jalur tersebut dapat dilalui kendaraan berat. Namun jaraknya memutar cukup jauh, sekitar 65 – 70 km.

Ketiga: Para pengguna jalan dapat beralih total ke jalur Selatan. Info terakhir sejak malam tadi, Jembatan Comal sudah bisa dilalui tapi maksimal hanya bisa dilalui minibus seperti Elf.

Sementara amblasnya jembatan Sungai Cibaruyun membuat pemudik yang akan melalui jalur Selatan terpaksa harus dialihkan melalui Kota Tasikmalaya. Pasalnya aspal jalan dilokasi kejadian sudah menggantung.

Dan jalur yang akan ditempuh pemudik setelah anjloknya jembatan Cibaruyun di jalur Selatan akan diarahkan melalui Rajapolah belok kanan menuju Kota Tasikmalaya. Selanjutnya pemudik akan tembus di Sindangkasih. Dari arah Ciamis atau Jawa Tengah, jalur dibelokan ke kiri di Sindangkasih menuju Kota Tasikmalaya. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan