home Berita Terkini Honda Indonesia Kian Pede Jajaki Segmen LMPV

Honda Indonesia Kian Pede Jajaki Segmen LMPV

image-mobkom-penjualan-honda-mobilio-2014
Foto: Amos Anugrah

Jakarta, MobilKomersial.com – Pasar kendaraan serbaguna tingkat bawah, atau yang juga dikenal dengan nama Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih dapat dikatakan sebagai segmen yang menggiurkan di Indonesia. Terbukti dengan dominasinya di penjualan wholesales kendaraan roda empat pada semester I 2014. Segmen ini sukses mencaplok  31,2 persen pangsa pasar atau sebanyak 200.403 unit penjualan.

Merajai puncak klasemen, Toyota Avanza masih unggul dengan 44,7 persen total sharing di segmen LMPV. Tercatat ada 89.565 unit varian kebanggaan Toyota tersebut yang terjual ke tangan konsumen Indonesia.

Namun meskipun terbilang jawara, Toyota perlu kian berwaspada. Pasalnya Honda semakin berbahaya dengan varian LMPV-nya. Mulai diproduksi dan didistribusikan sejak Januari 2014 lalu, penjualan Honda Mobilio sukses menggeser pemain yang lain dan menempati urutan ke dua di semester I 2014 ini.

Dengan total penjualan Honda Mobilio 2014 sebesar 46.446 unit, varian ini sukses merebut pangsa sebesar 23% di kelas LMPV. Sukses menjadi runner-up, LMPV Honda ini semakin pede karena meningkat penjualannya dari bulan ke bulan.

Menurut data resmi yang dikeluarkan PT Honda Prospect Motor (HPM), penjualan Honda Mobilio 2014 mengalami peningkatan penjualan dari bulan Mei ke Juni 2014. Terdapat peningkatan sebanyak 1212 unit dari  9.684 unit di Mei 2014 menuju 10,896 unit pada Juni 2014.

Maka tidak heran bila HPM cukup optimistis memandang dalam memandang segmen LMPV. Hal tersebut diungkapkan oleh Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM.

“Meskipun hampir seluruh segmen otomotif di Indonesia mengalami penurunan penjualan, namun peningkatan yang terjadi di segmen City Car dan Low MPV mampu membuat penjualan secara total meningkat dibanding periode yang sama di tahun lalu.  Kami percaya bahwa target Honda untuk meraih penjualan 175.000 unit di akhir tahun ini masih dapat dicapai,” jelasnya. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan