home Berita Terkini, Mancanegara Wah! Sistem Penguncian Dodge Ram 1500 Bermasalah

Wah! Sistem Penguncian Dodge Ram 1500 Bermasalah

Image-Autoevolution News-NHTSA : Sistem Mekanis Peringatan pada Dodge Ram 1500, Bermasalah
Foto : Autoevolution News

New York, MobilKomersial.com– National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mulai menyelidiki pikap Dodge Ram 1500 2005 setelah mendapat laporan keluhan dari pemiliknya terkait cacat mekanis. Dikuatirkan dapat terjadi kejadian berbahaya bila pengemudi dalam kecepatan tertentu di jalan raya.

Menurut NHTSA, 15 pemilik mengeluhkan sistem penguncian diferensial penutup belakang atas atau driveshaft yang dipisahkan pada sambungan bermasalah pada kendaraan mereka. Pemilik melaporkan bahwa mereka juga mendapatkan tidak ada suara pada sistem peringatan jika ada sesuatu yang bermasalah pada mobil.

Dari 15 keluhan konsumen, 7 pemilik menyatakan bahwa masalah itu terjadi, jika pengemudi kecepatan 50 mil per jam atau lebih. Sementara 2 pemilik mengatakan kepada NHTSA bahwa poros penutup belakang Dodge Ram 1500 2005 terlalu ringan untuk truk pikap dan kadang tak terkendali.

Untungnya, badan pengawas yang intens bertugas menegakkan standar keamanan dalam produk kendaraan ini, tidak menemukan cedera atau kecelakaan terkait masalah mekanis pada produksi Fiat-Chrysler ini.

Menurut pernyataan resmi NHTSA, evaluasi awal terkait Dodge Ram 1500 2005 menemukan bila frekuensi dan konsekuensi pada sistem mekanis peringatan ini terbilang cacat.

Pada Mei 2014, NHTSA juga telah meluncurkan hasil penyelidikan lain yang melibatkan 110 ribu unit Dodge Ram 2500 dan 3500 truk lansiran 2004. Ternyata pikap yang mengusung transmisi manual cenderung memiliki masalah dengan saklar kopling interlock hingga menimbulkan masalah pada pengoperan perseneling. Masalah ini pun sempat memakan korban dalam sebuah kecelakaan. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan