home Berita Terkini, Bus & Truk Mengenal Lebih Dekat KAMAZ Group

Mengenal Lebih Dekat KAMAZ Group

image-mobkom-kamaz-group
Foto: Militer-today

Jakarta, MobilKomersial.com – Mulai menapakkan kakinya di bumi Indonesia, truk Kamaz kelahiran Rusia siap bersaing dengan kompetitor lain di kelasnya. Yuk, kita simak history dari kendaraan komersial yang langganan juara di rally Dakar itu.

Varain truk Kamaz terlahir dari salah satu perusahaan otomotif terbesar di Rusia, yaitu OJSC KAMAZ yang menduduki peringkat ke-16 bisnis manufaktur heavy duty truck di dunia.

Menoleh ke belakang, sejarah panjang grup tersebut dimulai pada tahun 1969. Peletakan batu pertama pada 16 Agustus di tahun yang sama, menandai berdirinya pabrik konstruksi Kamaz Automobile.

Usai pembangunan pabrik untuk memproduksi, truk pertama Kamaz lahir pada 16 Februari 1976. Kemudian 1988, lini utama dari pabrikan tersebut berhasil memproduksi kendaraan komersial dan berat yang ke-sejuta unit.

Pencapaian pun terus bergulir, hingga pada Januari 2008 KAMAZ Group mencatatkan produksi yang ke 1,9 juta. Hingga akhirnya pada 15 Februari 2012, KAMAZ sukses memproduksi dua juta kendaraan.

Volume Produksi

image-mobkom-
Foto: Yandex.ru

Sejak awal produksinya, ada lebih dari 2.050.000 kendaraan yang telah dirakit di pabrik Kamaz Automobile, hingga akhir kuartal ketiga 2012.

Selain itu, Kamaz juga memproduksi mesin. Mesin ke 2,5 juta telah lahir dari rahim produksi KAMAZ-Diesel Inc pada Februari 2008. Sejak dimulainya produksi hingga kuartal ketiga-2012, lebih dari 2,72 juta mesin berhasil diproduksi di pabrik ini.

Total investasi pun mencapai 35,36 miliar Rubel (RUB), dengan sharing  sahamterbesar berasal dari negara dan bank komersial. Dan pada 2011, KAMAZ grup memproduksi hampir sebanyak 45.200 unit truk, 39 ribu diantaranya terjual untuk pasar Rusia. KAMAZ juga meraup 38 persen sharing truk dengan GVW (Gross Vehicle Weight) diatas 16 ton, dan 15 persen di segmen GVW 8-16 ton untuk pasar truk di Rusia. KAMAZ juga menjadi pemimpin di kelas heavy duty di Ukraina, Kazakhstan, Azerbaijan, Turkmenistan dan sejumlah besar negara pecahan Uni Soviet lainnya. Selama 2011, perusahaan telah memproduksi suku cadang hingga mencapai lebih dari 6 milyar Rubel dan produksi total mencapai 9 milyar Rubel.

Grup dan afiliasi

image-mobkom
Foto: RUTOWNS.RU

Rantai proses dalam grup ini melibatkan 12 pabrik otomobil besar. Perusahaaan yang terletak di Naberezhnye Chelny mencakup komplek pabrik metallurgi (pengecoran dan penempaan), mesin, pres dan pencetakan, pabrik mobil, pabrik perbaikan instrumen, pusat industri dan rem diesel.

Sedangkan perusahaan terkait yang terbesar di luar Naberezhnye Chelny adalah JSC ‘Neftekamsk Automobile Plant’ dan OAO ‘Tuimazinskiy Zavod Avtobetonovozov’ (the Republic of Bashkortostan), Trailer KAMAZ Inc. (Stavropol).

Sampai saat ini, KAMAZ Group mencakup lebih dari 150 organisasi yang ada di Rusia, CIS dan dataran lainnya. Terdapat lebih dari 55 ribu pekerja yang beroperasi di OJSC KAMAZ.(MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan