home Berita Terkini, Motor Lesunya Penjualan Motor di Jakarta Fair 2014

Lesunya Penjualan Motor di Jakarta Fair 2014

image-mobkom-
Foto: AHM

Jakarta, MobilKomersial.com – Jakarta Fair 2014 yang dimulai pada 6 Juni 2014, resmi ditutup pada 6 Juli 2014 kemarin. Meski ajang akbar tahunan tersebut selalu membawa kabar baik bagi para pesertanya, namun ternyata tidak di tahun ini. Setidaknya itulah yang terjadi di segmen motor. Dinilai, penjualan motor di Jakarta Fair 2014 terkesan loyo dan lesu kali ini.

Sebut saja Yamaha. Pabrikan Jepang yang tidak pernah absen dari ajang tahunan tersebut mengecap hasil yang cukup pahit pada Jakarta Fair 2014. Angka-angka penjualan yang mereka bukukan terbilang kalah dibandingkan dengan tahun lalu.

Sampai tanggal 5 Juni 2014, Yamaha hanya mampu menjual sebanyak 3.832 unit motor. Sebuah jumlah yang pastinya kalah dengan catatan 5.000 unit motor yang terjual pada Jakarta Fair 2014 tahun lalu.

Sedangkan kompetitornya, Honda, turut mengalami hal yang serupa. Dibawah asuhan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) yang merupakan main Dealer motor Honda untuk Jakarta dan Tangerang, penjualan pun tidak sebanyak tahun lalu.

Tercatat per 3 Juli 2014, hanya ada 4.800 unit motor Honda yang terjual. Sebuah angka yang bisa dikatakan lesu bila dibandingkan dengan total 6,500 unit motor yang terjual di Jakarta Fair tahun lalu.

Pengaruh bulan puasa dan tahun ajaran baru

Beragam spekulasi pun bermunculan mengenai lesunya penjualan motor di Jakarta Fair 2014. Diantaranya adalah pelaksanaan gelaran Jakarta Fair yang tahun ini yang mendekati bulan puasa.

Bulan puasa yang dimulai pada tanggal 30 Juli 2014 terbilang cukup rawan bagi masyarakat untuk membelanjakan kebutuhan sekundernya. termasuk diantaranya adalah motor. Masyarakat tengah mempersiapkan semua kebutuhan untuk mudik maupun hari raya Idul Fitri.

Sementara itu tahun ajaran baru pun terbilang cukup memiliki andil yang besar dalam konsumsi kendaraan baru. Tingginya biaya pendidikan membuat masyarakat terpaksa menunda kebutuhan kendaraan barunya dan mengalokasikan dana untuk keperluan pendidikan anaknya. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan