home Berita Terkini, Bus & Truk Kamaz Rusia Hadir di Indonesia

Kamaz Rusia Hadir di Indonesia

Kamaz Rally Dakar
FOTO : KAMAZ

Jakarta, MobilKomersial.com – Bukan hanya segmen kendaraan penumpang saja yang menggiurkan bagi para investor asing untuk berinvestasi di Indonesia, di kelas kendaraan komersial kategori truk heavy duty pun pasar domestik Indonesia juga dianggap sangat potensial oleh pemain kelas dunia di bisnis otomotif ini. Terbukti dengan kehadiran truk Kamaz lansiran OJSC KAMAZ, produsen kendaraan asal Rusia.

PT Tehnika INA ditunjuk sebagai pihak pemegang keagenan, yang diawali dengan Sidang Komite Bersama (SKB) antara pemerintah Indonesia dan Rusia. Kerjasama ini terkait memorandum of understanding (MoU) dalam hal perakitan yang telah menunjuk PT Pindad (persero), sebagai karoseri truk langganan juara rally Dakar itu khusus untuk pasar domestik Indonesia.Kamaz 4326 (4X4) cargo panser

Menurut Ahmad Fitri, Direktur PT Tehnika INA, varian truk Kamaz dianggap cocok dengan medan berat di wilayah Indonesia seperti daerah pertambangan di Kalimantan dan Papua. Pasalnya, model heavy duty truck ini sudah dirancang buat ketahanan melibas medan ekstrem seperti di kawasan Siberia, termasuk mengakrabi jalur ganas di gelaran rally Dakar.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Rusia Johari Oratmangun mengatakan, Kamaz masuk ke Indonesia dengan 4 model. Yaitu tipe 6520 (6X4) dump truck, 6460 (6X4) tractor head, 4326 (4X4) cargo panser dan 43118 (6×6). Untuk model 6520 dan 6460 rencananya akan dipasarkan dalam bentuk CBU dismantled (impor-terurai), sedangkan untuk tipe 4326 dan 43118 akan dipasarkan dalam bentuk perakitan (karoseri) di dalam negeri.

Kamaz (6X4) tractor head Kamaz (6X4) dump truck

 

Tinggalkan Balasan