home Berita Terkini Inflator Bocor, BMW Lakukan Recall Masal

Inflator Bocor, BMW Lakukan Recall Masal

image-mobkom-Inflator-Bocor
Foto : Leftlane

Jerman, MobilKomersial.com – Masalah inflator pada airbag yang menimpa BMW membuat mereka mengambil langkah cepat dengan melakukan recall secara besar-besaran dan luas. Inflator bocor yang tidak berjalan normal ini didistribusikan oleh perusahaan penyuplai, Takata.

Seperti diungkap Leftlane, sebelum diumumkannya recall secara luas, awalnya kampanye hanya terbatas pada 220 ribu unit kendaraan BMW model tahun 2002-2003. Namun berkembang ke kendaraan Seri 3 yang jumlahnya mencapai 1,6 juta unit, yang diproduksi antara tahun 1999 dan Agustus 2006. Bahkan kini meliputi seluruh generasi BMW E46.

Sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan perusahaan yang bermarkas di negara yang baru menjuari piala dunia 2014 ini, menyebutkan bila potensi masalahnya terletak pada generator gas yang kemungkinan mengalami kebocoran dan bisa pecah.

Pihak BMW pun agak heran karena pada kendaraan yang diproduksi oleh kompetitor dengan sistem yang sama dari pemasok yang sama ternyata tidak mengalami hal itu dan masalah kebocoran inflator sendiri adalah hal yang jarang terjadi.

BMW bahkan tidak percaya bahwa hal ini bisa terjadi pada produk mereka. Untuk itu pada ekspansi terbaru BMW akan secara detil memfokuskan perhatiannya pada airbag sisi penumpang agar tidak menggunakan inflator cacat Takata lagi.

BMW sangat menyayangkan kasus ini karena bisa mengakibatkan kecelakaan. Pasalnya  karena kemungkinan besar dapat terjadi ledakan jika beroperasi di lingkungan lembab layaknya yang terjadi di kendaraan Jepang yang mengakibatkan luka serius kepada pengendara.

BMW menyarankan agar pihak diler pusat maupun layanan cabang segera bekerjasama untuk mengganti airbag, setelah mendapat pengaduan atau laporan dari pemilik kendaraan yang mengeluhkan airbag. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan