home Berita Terkini, Bus & Truk Hino, Isuzu dan Mitsubishi Saling Incar Posisi

Hino, Isuzu dan Mitsubishi Saling Incar Posisi

image-mobkom-hino-isuzu-dan-mitsubishi-saling-incar-posisiJakarta, MobilKomersial.com – Menjelang akhir semester pertama 2014, tiga pemain besar di segmen kendaraan komersial Tanah Air seolah berlomba memposisikan brand image mereka, guna mengincar posisi terdepan di pasar kendaraan komersial dengan merilis varian terbaru mereka untuk bersaing di kelasnya. Ketiga merek besar kendaraan komersial itu tak lain adalah Hino, Isuzu dan Mitsubishi sebagai produsen truk Jepang.

Truk Fuso besutan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) Jepang, yang diageni tunggal PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) ini,  telah merilis produk terbarunya di markas besar KTB Pulomas, Jaktim, (3/6) lalu.

Dalam rilis resmi KTB, dua varian medium truck sekaligus dihadirkan untuk memuaskan konsumennya, yaitu Fuso FM 517 HL Long 4×2 dan Fuso FN 517 ML2 Super Long 6×2. Kendaraan komersial Fuso ini menyasar berbagai industri, selain industri pertambangan yang sedang lesu, seperti sektor konsumer, industri makanan dan minuman, perkayuan, atau pebisnis ekspedisi dan logistik.

Menurut Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director KTB,  pihaknya juga berencana menambah varian anyar Fuso hingga akhir tahun nanti. Langkah ini memang harus dilakukan pihak Mitsubishi Fuso Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan truk Mitsubishi sejak Januari-Mei 2014 sudah tembus 26.638 unit. Artinya, kendaraan komersial Mitsubishi sudah mendapatkan 51,04 persen dari total pasar truk di Tanah Air pada periode yang sama sebesar 52.195 unit.

Tak mau kalah set, truk Isuzu yang diageni tunggal PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), juga akan menambah lini produk kendaraan komersial terbarunya. Namun konsumen mesti sabar menunggu lantaran varian truk Isuzu terbaru IAMI baru akan dijadwalkan rilis di pasaran Tanah Air pada semester II – 2014.

Menurut Supranoto Tirtodidjojo, CEO PT. Astra International Isuzu, sebenarnya semua model truk Isuzu sudah lengkap, namun pihaknya seolah tak ingin kecolongan dengan rival terdekatnya. Supranoto menambahkan kalau Isuzu Indonesia bakal mendatangkan lagi model terbaru di semester II, dan sekarang sedang menyiapkan kesiapan teknis produksinya.

Isuzu Astra memang berencana mendatangkan sembilan produk baru sampai akhir tahun ini. Produk tersebut terdiri truk ringan dan medium. Untuk menopang rencana ini, Isuzu Astra membangun fasilitas perakitan, yang memiliki kapasitas produksi awal sebanyak 50.000 unit. Nantinya, total produksi Isuzu Astra mencapai 80.000 unit per tahun. Pabrik ini akan berproduksi akhir 2014.

Sementara PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sudah terlebih dulu merilis varian terbaru Hino series pada 22 Mei 2014 lalu, lewat model FC 190 J. “Hino telah memperkenalkan mesin diesel common rail sejak 2012 yang dipakai pada model Cruising Ranger, untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada varian truk sedang (medium truck). Kali ini Hino menghadirkan kembali model terbaru, Hino Super Cruising Ranger FC 190 J, yang akan memberikan pilihan lebih banyak untuk varian Ranger sesuai kebutuhan pelanggan kami,” jelas Hiroo Kayanoki, President Director HMSI dalam keterangan resminya kepada MobilKomersial.com.

Guna menjamin kepuasan pelanggannya, Hino Indonesia juga telah mendistribusikan ketersediaan suku cadang dan menjamin layanan purna jualnya di seluruh penjuru Tanah Air. “Semua spare parts sudah didistribusikan ke semua diler dan part shop Hino di seluruh Indonesia. Bahkan saat ini, kami sedang mengusahakan untuk melokalkan suku cadang untuk tipe terbaru ini (FC 190 J), dalam bentuk HMSI Original Part (HOP) untuk meringankan biaya operasional konsumen kami,” beber Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Service & Spare Part Division HMSI.

 

 

 

One thought on “Hino, Isuzu dan Mitsubishi Saling Incar Posisi

Tinggalkan Balasan