home Berita Terkini, Mancanegara Duesenberg, Potret Kenangan Kendaraan Mewah Amerika Serikat

Duesenberg, Potret Kenangan Kendaraan Mewah Amerika Serikat

image-MobKom-Duesenberg-1925-model-touring
Foto : autoevolution

Amerika Serikat, MobilKomersial.com – Berbicara tentang merek mewah legendaris, Inggris punya nama Rolls Royce untuk dibanggakan. Bagaimana dengan Amerika Serikat? ternyata, dahulu mereka memiliki sebuah nama mewah untuk itu, Duesenberg.

Duesenberg adalah puncak kemewahan otomotif Amerika Serikat di tahun 1930-an. Meski begitu, pabrikan yang berbasis di Iowa, AS ini tidak mengalami nasib baik layaknya Rolls Royce. Sementara Rolls Royce masih bersinar di aspal dunia, Duesenberg harus gulung tikar di tahun 1937. Kini, varian-variannya banyak masuk ke daftar kolektor mobil antik untuk menghiasi gerai pribadi mereka.

Kelebihan Tersembunyi

image-mobkomAmbil contoh saja Duesenberg 1925 Model Touring. Varian spesial ini akan siap dilelang pada hari Sabtu, 26 juli 2014 dalam gelaran RM Auction Motor City, dikutip dari autoevolution. Dengan perkiraan antara 175 ribu dolar AS – 225 ribu dolar AS, pihak panitia cukup yakin bila mobil langka ini sanggup mendapat tawaran hingga setengah juta dolar AS.

Sumbernya adalah keterbatasan. Duesenberg 1925 Model Touring adalah varian terbatas dengan produksi sebanyak 600 unit, antara 1921-1926. Selain itu gaya tubuh ramping dan sangat elegan pada masanya juga menjadi nilai tambah. Memori masa lampau pun akan mudah dibangkitkan begitu melihat kondisi fisik kendaraan mewah ini.

Bila kedua hal diatas dinilai masih kurang, Duesenberg 1925 Model Touring masih memiliki keunggulan tersembunyi. Varian terbatas ini merupakan mobil pertama yang dilengkapi dengan fitur rem hidrolik dengan produksi massal pertama di Amerika. Ini merupakan contoh perkembangan signifikan dalam dunia otomotif selain kekuatan mesinnya yang berkekuatan 88 tenagakuda pada torsi 170 lb-tf.

Restorasi Panjang

image-mobkom-Duesenberg 1925 Model Touring menggunakan mesin L-Head dengan overhead camshaft tunggal dua katub per silinder, ditambah dengan tiga percepatan untuk transmisi perseneling. Mobil dengan sasis 988 mm ini pertama kali dibeli oleh pelanggan dari Indianapolis dan kemudian diakuisisi oleh kolektor mobil Homer Fitterling, Ed Weaver.

Ed Weaver memiliki mobil ini tahun 1989 namun menjualnya pada tahun 1993 di sebuah acara lelang landmark. Saat ini Duesenberg 1925 Model Touring dimiliki oleh Millspaugh dari Irlandia. Hampir selama 10 tahun pemilik Duesenberg menghabiskan 3 tahun untuk melakukan pemulihan lengkap.

Restorasi dilakukan pada tubuh Duesenberg dengan paduan hitam-merah yang kembali ke masa kejayaannya. Sementara jok kulit hitam dipasang kembali bersama dengan kanvas top tan. Semua trim nikel dipulihkan oleh seorang profesional, dengan penambahan clearcoat untuk lebih melindungi trim.

Duesenberg 1925 Model Touring merupakan mobil Midwestern yang ikonik, yang telah terpelihara dengan baik pemilik saat ini. Mobil ini merupakan salah satu dari hanya sekitar tiga lusin model yang ada, dan bisa dibilang merupakan bentuk paling original dari Duesenberg.

Untuk menggambarkan Duesenberg, seorang sejarawan otomotif bernama Beverly Rae Kimes menulis bahwa Model A Deusenberg adalah mobil langka, hasil inovasi mutakhir dimasanya. Sebuah ikon otomotif dunia yang kini nasibnya tenggelam tersapu kencangnya arus kemajuan jaman. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan