home Berita Terkini Audi Hentikan Pengembangan CVT

Audi Hentikan Pengembangan CVT

image-mobkom-Audi Hentikan Pengembangan CVT
Foto : Leftlane

Jerman, MobilKomersial.com – Audi dikabarkan untuk sementara ini sedang menghentikan pengembangan CVT (Continous Variable Transmission). Alasannya adalah pabrikan Jerman ini ingin keluar dari fase CVT Multitronic dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Penggunaan CVT tidak akan lagi digunakan pada entry-level, maupun varian front-wheel-drive seperti A4 dan A6. Multitonic sendiri rencananya akan digantikan oleh mesin baru tujuh-percepatan dual-kopling otomatis yang diharapkan dapat memulai debut di A4 terbaru.

Ralph Riegger, Insinyur Senior Audi, mengungkapkan bila Audi hentikan pengembangan CVT. Pasalnya sistem baru dual-kopling ternyata sesuai dengan tujuan Audi untuk menciptakan mobil yang irit bahan bakar. Apalagi memiliki transmisi dianggap sebagai langkah pembangunan lebih baik, seperti dikutip dari Leftlane.

Menilik ke sejarah, pada awal kali diperkenalkan akhir tahun 1999, Multitronic sudah menjadi kontroversial di Audi. Hingga puncaknya jatuh di tahun 2011, ia menjadi sasaran gugatan class action yang diduga memiliki keprematuran untuk A4 dan A6.

Dan kejadian yang sama pun kembali terulang. CVT yang dibangun Audi dari tahun 2002 sampai 2006 mendapatkan gugatan pada tahun 2013. Penarikan kembali pun dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan tertentu pada setiap girboks yang ditemukan cacat.

Meski langkah Audi untuk menghentikan CVT berlawanan dengan tren industri mobil yang kini menggunakannya, Audi tetap bersikukuh. Merek-merek mewah kini semakin mengejar efisiensi dan memanfaatkan CVT sebagai pengontrol jarak tempuh yang lebih fokus dan menjadikannya tren industri mobil saat ini. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan