home Berita Terkini 10 Ribu Unit Tak Muluk Bagi Kia Indonesia

10 Ribu Unit Tak Muluk Bagi Kia Indonesia

image-mobkom-
Foto: Amos Anugrah

Jakarta, MobilKomersial – Produk kendaraan penumpang asal Korea Selatan seperti Kia, memang sudah mampu unjuk gigi dan diterima secara global termasuk di Indonesia. Untuk menjangkau pangsa pasarnya di Tanah Air, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai agen pemegang merek mobil Kia, tahun ini tidak terlalu muluk dalam menggenjot total penjualannya.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan target penjualan tahun lalu sebesar 12 ribu unit, tahun 2014 ini KMI hanya menargetkan total jualannya sebanyak 10 ribu unit saja. “Kami masih mematok di angka 10 ribu unit, dan belum ada rencana untuk menambah atau mengurangi lagi dari porsi penjualan tersebut,” ungkap Ridjal Mulyadi, Marcomm Manager KMI.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) di 2013, KMI berhasil membukukan wholesales sebesar 12.121 unit, dengan persentase setara 1 persen dari market share kendaraan penumpang nasional. Mungkin hal ini lah yang membuat pihak prinsipalnya di Seoul, Korea Selatan, masih menahan diri untuk berinvestasi membangun manufakturnya di Indonesia.

Menurut Ridjal, Kia Indonesia masih mempertimbangkan banyak hal, beberapa di antaranya seperti total pangsa pasar domestik Indonesia serta kebijakan dalam industri otomotif yang akan diberlakukan oleh pemerintahan yang baru nanti. “KMI melihatnya masih lebih efektif jika impor unit daripada memproduksi di sini, karena volume penjualan per tahun juga masih kecil dibanding penjualan secara global, antara 10 ribu-12 ribu per tahunnya, masih jauh lah,” kata Ridjal.

Tinggalkan Balasan