home Berita Terkini, Teknologi Volvo Truk Luncurkan I-Shift Dual Clutch

Volvo Truk Luncurkan I-Shift Dual Clutch

image-mobkom-volvo-truk-luncurkan-shift-dual-clutch
Foto : News.cision

Volvo Truk telah mengumumkan peluncuran I-Shift Dual Clutch, dengan transmisi otomatis pertama untuk kendaraan heavy duty yang mempunyai sistem dual clutch (kopling ganda).

Transmisi Dual Clutch atau kopling ganda ini sudah digunakan ke dalam beberapa mobil lain, tapi Volvo adalah produsen pertama yang menawarkan solusi yang sama untuk kendaraan berat. Ini akan tersedia pada model FH yang dipilih akhir tahun ini.

Selain itu, torsi yang dipertahankan tanpa gangguan untuk pengiriman daya, sehingga kendaraan tidak kehilangan kecepatan saat perubahan gigi.

I-Shift Dual Clutch memiliki dua poros input dan Dual Clucth, sehingga dua gigi dapat dipilih pada waktu yang sama dan dapat menentukan kopling dari gigi yang sedang aktif. Hal ini didasarkan pada I-Shift, tetapi setengah depan gearbox telah didesain ulang.

Astrid Drewsen, Manajer Produk Volvo untuk drivelines, mengungkapkan dengan hadirnya Dual Clucth ini sangat menguntungkan dalam situasi yang dibutuhkan untuk perubahan gigi, seperti ketika sedang daerah perbukitan, jalan berangin, atau operasi perkotaan. “Ketika mengemudi rasanya seperti Anda memiliki akses ke dua gearbox,” paparnya seperti dikutip Transport Engineer.

Ditambahkannya, ketika satu gigi dipilih dalam satu gearbox, gigi berikutnya sudah disiapkan dalam yang lain. Dengan cengkeraman ganda, perubahan gigi langsung tanpa gangguan dalam pengiriman. “Akibatnya, torsi mesin dipertahankan dan kenyamanan berkendara meningkat secara signifikan,” tuturnya.

I-Shift Ganda Clutch akan tersedia dari musim gugur 2014, yang akan dipasangkan untuk Volvo FH dengan mesin D13 Euro 6, dengan pilihan kekuatan mencapai 460, 500 dan 540 tenaga kuda. (DD)

Editor: Dedi Sofyan

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan