home Berita Terkini, Teknologi Toyota Percepat Pengembangan Bahan Bakar Sel

Toyota Percepat Pengembangan Bahan Bakar Sel

image-mobkom-toyota-sel
Foto : Toyota

Pabrikan Toyota dikabarkan memajukan pengembangan kendaraan berbahan bakar sel lebih cepat dari yang dijadwalkan sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat peluncurannya di tahun 2014.

Kini, Toyota sedang mempersiapkan diri untuk memproduksi puluhan unit kendaraan tersebut di pabrik induknya, Motomachi, Jepang. “Produksi komersialnya sendiri akan dimulai pada pertengahan Desember,” ujar sumber yang tidak mau disebutkan namanya,  dikutip dari The Japan Times.

Selain itu, laporan terbaru menunjukkan Toyota mungkin berencana untuk menjual mobil tersebut dengan harga lebih rendah, sekitar 78 ribu dolar AS. Sebelumnya, kendaraan ini dibandrol dengan kisaran harga  100 ribu dolar AS. Perusahaan juga masih berharap tentang penurunan harga sampai 29 ribu dolar AS sehingga  bandrol harga menjadi  49 ribu dolar AS di tahun 2020.

Sementara itu, kompetitor Hyundai baru-baru ini telah meluncurkan Tucson berbahan bakar sel di pasar AS. Sudah tersedia di California, kendaraan ini dapat diperoleh melalui pembayaran kredit 499 dolar AS per bulan dari angka maksimal 2.999 dolar AS.

Tampaknya Honda ingin bertarung di segmen ini dengan meluncurkan kendaraan berbahan bakar sel pada tahun 2014, kemungkinan pada awal November. Berdasarkan pada konsep FCV, mobil  Toyota berbahan bakar sel ditargetkan  akan hadir di California dimana sudah lengkap dengan ketersediaan infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

 

Tinggalkan Balasan