home Berita Terkini Mobil Murah Tingkatkan Daya Saing Industri Nasional

Mobil Murah Tingkatkan Daya Saing Industri Nasional

image-mobkom-mobil-murah
Foto: Amos Anugrah

Program mobil murah yang juga dikenal dengan nama kendaraan bermotor roda empat hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2), diklaim berhasil meningkatkan daya saing industri otomotif nasional. Prakteknya sejalan dengan nilai investasi yang sudah digelontorkan.

Tercatat ada sebanyak 6,5 miliar dolar AS dana investasi yang telah digelontorkan demi proyek mobil murah ini. Nilai tersebut berasal dari 3.5 miliar dolar AS pada industri perakitan dan 3 miliar dolar AS pada industri komponen.

Lebih lanjutnya, investasi tersebut berhasil membuat dampak yang besar di segala aspek ekonomi. Mulai dari tenaga kerja, penjualan dan bahkan ekspor. Produknya sendiri berhasil menjamur dan ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar lokal.

Meski begitu, mobil murah yang dibuat dengan 80% konten lokal sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk pasar lokal. Sejatinya, program ini ditujukan untuk membentengi pasar domestik dari serbuan impor di era Masyarakat Ekonomi Asean yang akan menjelang di tahun depan.

Sayangnya, setidaknya sampai tahun depan, Kementrian Perindustrian memastikan bila mobil murah masih dominan di dalam negeri. Ekspornya sendiri masih mengikuti setelahnya dalam jangka waktu yang belum ditentukan. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan