home Berita Terkini, Teknologi Mazda Umumkan Mesin Diesel 1.5-liter Skyactiv-D

Mazda Umumkan Mesin Diesel 1.5-liter Skyactiv-D

image=mobkom-mazda-umumkan-spesifkasi-mesin-diesel-15-skyactiv-d
Foto : Autoevolution

Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda, telah resmi mengumumkan spesifikasi lengkap dari mesin baru diesel 1.5-liter Skyactiv-D yang dirancang untuk mematuhi peraturan emisi pasar Jepang. Rencananya, mesin baru ini dikembangkan untuk model Mazda2 supermini berikutnya yang dikenal sebagai Demio di Jepang, yang diharapkan keluar tahun ini.

Ini mesin 1.5-liter tapi bukan 3-silinder, seperti mesin Ford yang mempunyai mesin 3 silinder atau mesin diesel kecil Mini yang baru. Tetapi ini adalah mesin 1.5-liter Skyactiv-D empat silinder yang mempunyai 1.497 cc, dengan bore dari 76mm dan stroke 82.5mm.

Namun mesin ini juga sama seperti mesin diesel Mazda 2.2-liter yang telah dipasangkan untuk model CX-5, yang mempunyai kompresi rasio rendah (14,8), dan membuat mesin terasa hampir seperti mesin bensin.

Seperti dikutip Autoevolution, teknologi yang dipasang untuk mesin baru 1,5 Skyactiv-D, kini telah mengurangi gesekan dibagian kepala silinder, penyebaran yang tinggi secara langsung ke injector solenoid, variabel geometri turbo dan pipa intake terintegrasikan ke dalam intercooler untuk efisiensi termal yang ditingkatkan.

Di sisin lain, Mazda mengatakan bahwa mesin diesel 1.5-liter Skyactiv-D sudah sesuai dengan standar emisi Euro 6 tanpa menggunakan NOx setelah perawatan.

Namun bagaimana dengan kinerja mesin diesel ini? Seperti rumor yang berkembang, bahwa mesin diesel ini mampu menyemburkan kekuatan mencapai 105 PS (77 kW) pada 4.000 rpm dan torsi 250 Nm dari 1.500-2.500 rpm. Itu setara dengan mesin Renault 1.5 dCi dan VW 1.6 TDI. (DD)

Editor: Dedi Sofyan

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan