home Berita Terkini, Tips Inilah yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara (2)

Inilah yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara (2)

image-mobkom-jangan-dliakukan-saat-berkendara
Foto: Istimewa

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang perilaku yang salah dalam berada di balik kemudi, inilah rangkuman hal-hal yang jangan dilakukan saat berkendara yang berhasil dihimpun oleh TACI (Toyota Avanza Club Indonesia).

5. Posisi duduk yang terlalu dekat dengan setir

Acapkali setir sering dimajukan dengan pengendara untuk memudahkan pengemudian. Namun, hal ini ternyata keliru saat dinilai dalam sudut keselamatan. Posisi tersebut akan menyulitkan pergerakan saat menghadapi keadaan darurat.

6. Menggunakan sepatu bertumit tinggi saat menyetir

Permukaan sepatu yang kurang lebar, seperti yang sering digunakan oleh wanita, sering membuat sepatu tersangkut pada pedal. Hasilnya adalah tekanan injak rem yang kurang efektif sehingga dapat mengakibatkan kurangnya tenaga saat pengereman.

7. Melambat

Arti kata melambat disini adalah berkendara dengan kecepatan lambat karena distraksi. Melihat insiden ataupun keasikan mengobrol dengan penumpang sering menjadi alasan untuk melambat. Jalan bergerombol pun dapat dikategorikan melambat sehingga mengganggu pengguna jalan yang lain.

8. Menggunakan klakson secara berlebih

Sejatinya, klakson berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pemakai jalan yang lain untuk memberikan peringatan. Namun, pemakaian klakson secara berlebih, misalnya di tengah kemacetan, dapat sangat mengganggu pengendara lain. Adu mulut yang berujung pertengkaran pun dapat terjadi.

10. Berbelok tanpa menyalakan sein

Perilaku ini tergolong dalam kategori yang sangat membahayakan. Pasalnya selain akan mengagetkan pengguna jalan yang lain, perilaku ini juga dapat mengakibatkan kecelakaan fatal akibat tabrakan maupun terserempet. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan