home Berita Terkini, Motor, Teknologi Harley-Davidson LiveWire Konsep

Harley-Davidson LiveWire Konsep

mobkom-image-harley-davidson-livewire-konsep-2
Foto: Christine Cotter (ZUMAPRESS.com)

Milwaukee, MobilKomersial.com – Setelah 111 tahun sukses membangun mesin motor konfigurasi V-kembar, Harley-Davidson (HD) kembali menggegerkan dunia otomotif dunia dengan konsep sepeda motor listrik. Mengadopsi teknologi dari Tesla Motors, Inc., kuda besi racikan HD ini dibekali sistem plug-in LiveWire untuk sumber pembangkit tenaganya.

Terbesar dan paling ikonik, produsen sepeda motor Amerika Serikat itu telah mendesain sebuah gerai di landasan terpencil di wilayah Milwaukee, Wisconsin, AS, untuk menyiapkan pengetesan LiveWire secara rahasia ini. Bahkan saking rahasianya, trailer yang mengangkut motor ini sengaja tak diberi label atau tanda apapun, hanya diketahui oleh dua karyawan Harley-Davidson Motor Company (HDMC), dan tidak ada seorang pun di sekitar daerah itu yang mengetahui adanya first ride rahasia sepeda motor karya terbaik Milwaukee ini.

Jika tidak tersemat aksen hitam-oranye yang menjadi salah satu ciri khas motor HD, LiveWire tidak akan dikenali lantaran sosoknya jauh berbeda dengan pakem desain sepeda motor HD selama beberapa dekade ini. Posisi berkendara yang santai khas HD juga sudah tak terlihat, digantikan jok model single seater dengan riding position yang lebih tegak. Jarak pijak ke tanah pun lebih jauh demi kenyamanan pengendara saat melakukan turing jarak jauh.

mobkom-image-harley-davidson-livewire-konsep-3Sumber tenaga dibekali setumpuk baterai lithium ion berukuran besar, dipadu blok mesin V-twin kapasitas 103 cubic inch (cu in) atau sekitar 1.688 cc, di balik frame teralis ala baby Ducati. Lantaran motor ini bermesin elektrik, tidak ada tangki bahan bakar, yang terlihat hanya menyerupai tangki bensin untuk menambah estetika sebuah motor. Pun begitu halnya dengan knalpot yang tidak terlihat, bagian buritan hanya dipertegas dengan ekor yang menonjol dan ditopang monoshock di atas ban belakang dengan penggerak model sabuk (belt).

HD LiveWire dimodali sistem pengapian model keyless seperti kebanyakan tipe moge Amrik ini. Pada putaran mesin rendah, pompa oli bekerja untuk mendinginkan motor listrik berdaya 74 tenaga kuda, sementara pompa oli sekundernya berfungsi buat mendinginkan ECU. HDMC mengklaim bahwa torsi kuda besi motor-listrik ini cukup besar, dengan full throttle mampu mengail torsi hingga 70,5 Nm dan akselerasi 0-100 km/jam hanya perlu waktu sekitar empat detik.

mobkom-image-harley-davidson-livewire-konsep-4LiveWire tidak hanya mendorong Harley-Davidson ke masa depan lewat sepeda motor berkarakter radikal, namun lebih sebagai upaya brand Amerika itu untuk berperan serta dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan, mengingat krisis minyak bumi sudah di depan mata.

Selama perkembangannya sejak 2010 LiveWire sudah dirancang untuk menarik simpati wanita, orang muda yang dewasa dalam berpikir, penduduk kota dan pendatang baru yang terbiasa dengan tunggangan ala baby boomer. 

Karena LiveWire adalah sebuah konsep, bukan sepeda motor produksi massal, Harley tidak menyediakan spesifikasi lengkap untuk model satu ini, bahkan tak membolehkan untuk dilakukan tes jalan bagi para jurnalis. Bocoran untuk spesifikasi teknisnya,  berat bersih sepeda motor ini sekitar 163 kg, dan butuh waktu sekitar 3,5 jam untuk mengisi ulang baterai sampai penuh menggunakan 2 charger.

 

Sumber : Autoblog

Tinggalkan Balasan