home Berita Terkini F-Type Project 7, Jaguar Tercepat yang Pernah Dibuat

F-Type Project 7, Jaguar Tercepat yang Pernah Dibuat

image-mobkom-F-type-project-7
Foto: Jaguar

Goodwood, MobilKomersial.com – Lahir dari jajaran F-type, Jaguar meluncurkan F-type Project 7, mobil produksi pabrikan yang terkuat dan tercepat yang pernah ada.

Memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed 2014, F-Type Project 7 adalah kendaraan performa Jaguar pertama yang lahir dari tim Special Operations Jaguar Land Rover. Kendaraan ini akan dibuat secara ekslusif, dengan 250 unit yang nantinya akan mengaspal.

Menilik ke belakang, hadirnya F-Type Project 7 diprakarsai oleh sebuah konsep yang dikenalkan pada musim panas 2013. Konsep tersebut menampilkan sebuah lekuk bodi roadster yang memberikan kilas balik akan salah satu Jaguar balap yang paling terkenal dan ikonik, D-Type.

Maka dari situlah nama F-Type Project 7 lahir. D-Type yang kala itu sudah berhasil memenangkan tiga kali balapan Le Mans, dilanjutkan dengan suksesornya. Alhasil kemenangan ke 7 Jaguar di Le Mans menjadi pemicu lahirnya nama Project 7.

Jaguar Tercepat

Rahasia kekuatan F-Type Project 7 terletak pada mesin Jaguar V8 supercharger 5.0 liter, yang berada di kekuatan 575dk/680Nm. Tenaga tersebut ditunjang oleh bodi alumunium, yang hanya mencapai 1585kg, untuk meraih akselerasi maksimal dari 0 ke 100km/jam hanya dalam 3.9 detik. Kecepatan maksimumnya sendiri sanggup mencapai 300 km/jam, secara elektronik.

image-mobkom-F-type-project-7Terlepas dari kekuatannya, Jaguar F-Type Project 7 adalah kendaraan yang legal jalan. Dilengkapi dengan atap terbuka dan bagasi berkapasitas 196-liter, mobil ini dijejali oleh beragam fitur handal. Transmisi Quickshift delapan-percepatan mengirimkan tenaga ke roda depan, berkolaborasi dengan generasi kedua Electronic Active Differential (EAD). Rem Carbon Ceramic Matrix (CCM), yang sempat hadir sebagai pilihan pada F-Type R Coupe, kini hadir sebagai standar pada F-Type Project 7.Diklaim rem tersebut memberikan performa pengereman yang konsisten, bertenaga dan mengigit.

Fitur standar yang lain adalah Torque Vectoring by Braking (TVbB). Berkolaborasi dengan EAD, duet ini menghadirkan kendali yang benar-benar tepat. Bantuan aerodinamika fiber karbon dan suspensi yang unik menyajikan sebuah pengalaman berkendara yang menegangkan bagi setiap insan yang mengendarai F-Type Project 7. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan