home Berita Terkini, Tips Inilah yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara (1)

Inilah yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara (1)

mobkom-image-inilah-yang-jangan-dilakukan-saat-berkendara-1
Foto: Istimewa

Perilaku mengemudi memang menjadi sebuah poin penting yang menentukan keselamatan berkendara. Namun acapkali para pengendara sering melakukan beberapa perilaku yang salah dalam mengemudi. Berikut ini adalah rangkuman beberapa perilaku yang kurang tepat dilakukan oleh para pengemudi saat berkendara yang berhasil dihimpun dari Yuli Kriswindo, Toyota Avanza Club Indonesia (TACI):

1. Kecepatan melebihi ketentuan yang ditetapkan
Kecepatan adalah sebuah poin penting dalam memacu kendaraan yang memegang andil besar dalam keselamatan berkendara. Meski begitu, terkadang ada beberapa pengemudi yang memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang ditentukan dalam rambu-rambu di jalan dengan berbagai alasan. Selain berbahaya untuk diri sendiri, perilaku tersebut dapat turut mengancam keselamatan para pengendara lain di jalan.

2. Berkendara secara Agresif
Perilaku agresif saat berkendara juga menjadi sebuah sikap yang membahayakan dalam membesut kendaraan. Pasalnya, perilaku agresif seperti memaksakan kendaraan menyebrang saat akan melewati persimpangan akan membawa dampak buruk kepada para pengendara lain yang akan melewati tempat tersebut.

3. Menerima panggilan Telepon, BBM, atau SMS saat menyetir
Ini adalah sebuah faktor yang kerap menyebabkan terjadinya kecelakaan pada masa kini. Menggunakan telepon genggam saat mengemudi jelas akan menyebabkan konsentrasi mengemudi terdistraksi ke ponsel sehingga pantauan akan jalan menjadi hilang. Hal tersebut tentunya dapat mengarah ke kecelakaan pribadi seperti mobil keluar jalur ataupun kecelakaan hebat yang melibatkan orang lain seperti tabrakan.

4. Merokok
Selain merusak kesehatan, merokok saat mengemudi juga sangat berbahaya untuk dilakukan. Pasalnya percikan api kecil dari abu rokok karena terkena hembusan angin dari jendela akan dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Selain itu abu rokok yang jatuh juga dapat mengakibatkan kerusakan material interior dan dapat mengarah ke kebakaran.

#DrivingWithManners, TACI (MOS)

Editor : Edwardson

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

One thought on “Inilah yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara (1)

Tinggalkan Balasan