home Berita Terkini, Profil Henrik Fisker, Sang Desainer Bergaya Cruiser Klasik

Henrik Fisker, Sang Desainer Bergaya Cruiser Klasik

mobkom-image-henrik-fisker-sang-desainer-bergaya-cruiser-klasik
Foto: Car and Driver

Sang desainer sepeda motor bergaya cruiser klasik. Julukan tersebut rasanya cukup tepat ditujukan bagi seorang Henrik Fisker. Pasalnya, seperti diberitakan mobilkomersial.com sebelumnya, pria yang juga pernah turut serta dalam penggarapan eksterior roadster BMW Z8 ini terakhir dikabarkan mendesain sebuah motor yang dinamakan viking concept.

Dilahirkan di Denmark, 10 Agustus 1963, Henrik Fisker juga pernah menempuh pendidikan di Art Center College of Design di California pada 1989 hingga bekerja sebagi desainer di BMW Technik GmbH di Munich dari 1992 sampai 1997. Disana Fisker mendesain mobil konsep Z07 yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show 1997. Selain itu dia juga terlibat dalam penggarapan eksterior roadster BMW Z8.

Setelah menjalani perjalanan karir itu, Fisker bergabung dengan Ford Motor Company yang dimana dia menjabat sebagai direktur desain untuk Aston Martin di tahun 2001. Lalu, pada bulan September dia beralih sebagai creative director di Ingeni, sebuah pusat desain dan kreatif Ford di London.

Dan karirnya di AstonMartin sendiri dihabiskan sebagai dewan direksi sekaligus sebagai direktur Global Advanced Design Studio (CAPC) Ford di Irvine, California.

Karyanya pada kedua perusahaan tersebut ditunjukan lewat kesensasionalan BMW Z8 ketika dipamerkan di Tokyo Auto Show 1997 dan Aston Martin DB9 yang populer dan dikenal sebagai nama Volante.

Tidak hanya sampai disitu saja. Karirnya pun berlanjut lewat perusahaan pribadinya dengan meninggalkan Ford untuk bergabung bersama Bernhard Koehler untuk membentuk perusahaan mobil mewah bernama Fisker Coachbuild. Perusahaan yang berbasis di California Selatan ini memfokuskan diri untuk membangun dan membuat mobil kustom yang diambil dari platform produksi.

Setelah itu, Fisker Coachbuild bergabung dengan Quantum Technologies bergabung membentuk Fisker Automotive. Dalam perusahaan barunya tersebut Fisker dapat memproduksi mobil hasil buatannya dan melabelinya dengan namanya.

Maka lahirlah sebuah varian yang dinamakan Fisker Karma berupa sebuah mobil mewah hybrid yang debut pada Januari 2008 di North American International Auto Show. Selanjutnya produksi Fisker Karma dimulai pada November 2011.

Sayangnya perjalanannya tidak berlangsung lama. Dihantam bertubi-tubi masalah mulai dari kemananan sampai dengan bencana alam, Fisker Automotive harus gulung tikar dengan diikuti oleh keluarnya Fisker di Maret 2013.

Namun Fisker tidak menyerah sampai disitu. Pria Denmark ini , semasa cobaan buruk yang menerjang Fisker Automotive, pria ini sempat menorehkan karya baru yang membuahkan desain Tesla Model S beserta bodi dari mobil sport Artega GT

Dan kini, namanya bangkit kembali dengan menggarap sebuah proyek otomotif yang berbeda, dunia motor. Sebuah desain motor konsep perdana ditelurkannya dengan melibatkan industrialis Denmark Andres Kirk Johansen yang dinamai Viking Concept. Dan hebatnya komentar positif pun dilayangkan dari kritikus mengenai desainnya tersebut.

Tampaknya karya Fisker tidak akan berhenti dengan kegagalannya di Fisker Automotive. Dunia tampaknya masih akan menerima beberapa karya desain otomotif dari tangan pria berusia 50 tahun ini di kesempatan yang akan datang. (MOS)

Editor : Edwardson

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan