home Berita Terkini, Mancanegara Atasi Polusi, China akan Hentikan 11 Juta Mobil Tua

Atasi Polusi, China akan Hentikan 11 Juta Mobil Tua

image-mobkom-atasi-polusi-cina-akan-hentikan-11-juta-mobil-tua
Foto : Leftlane News

Pemerintah China telah mengumumkan rencana untuk menghentikan total 11 juta mobil tua yang melintasi jalanan negerinya sebagai upaya terakhir untuk mengatasi masalah polusi udara.

Sebuah buletin yang diterbitkan oleh pemerintah menjelaskan bagian pertama dari program pemberhentian mobil tua ini akan dimulai sesegera mungkin dan diharapkan dapat berjalan sampai akhir tahun 2014 .

Hal ini bertujuan untuk menghentikan enam juta mobil yang diproduksi sebelum tahun 2005 yang mengeluarkan lebih dari jumlah CO2 yang ditentukan per kilometer .

Penghentian polusi mobil adalah wajib , namun para pejabat pemerintah belum mengumumkan bagaimana mereka akan menegakkan aturan atau bagaimana mereka berencana untuk memberi kompensasi pada pemilik .

Pemerintah menjadwalkan mulai tahun depan, bagian kedua dari program ini akan mencakup hingga lima juta mobil tambahan yang terletak di wilayah paling padat penduduk China .

Pemerintah China juga telah memerintahkan SPBU di kota-kota besar seperti Shanghai, Beijing dan Guangzhou untuk menjual bahan bakar kelas terbersih yang tersedia .

Seperti dikutip Leftlane News, pemerintah daerah di China telah mengambil langkah-langkah ekstrim ini untuk mengurangi polusi tetapi kebanyakan mereka telah gagal. Karena itu banyak di kota besar, pengendara harus memasukkan nama mereka dan melalui sistem undian secara acak mereka akan mendapat kesempatan membeli mobil baru. Proses ini bisa berlangsung antara beberapa minggu dan lebih dari satu tahun.

China telah berusaha untuk mendorong pasar mobil mereka ke arah mobil listrik dengan memberikan insentif uang tunai besar yang memungkinkan pembeli untuk memotong sistem undian tersebut sampai pada penurunan jumlah penggunaan mobil tua. (LCO)

Editor : Edwardson

Tinggalkan Balasan