home Berita Terkini, Teknologi Adaptive Steering, Sistem Kemudi Lincah dari Ford

Adaptive Steering, Sistem Kemudi Lincah dari Ford

image-mobkom-Adaptive-Steering-Sistem-Kemudi-Lincah-Ford
Foto : LeftLane News

Raksasa otomotif Amerika, Ford, akan segera menerapkan teknologi Adaptive Steering, sebuah sistem kemudi baru yang memberikan kelincahan dan kecepatan.

Seperti dilansir LeftLane News, melalui Adaptive Steering, pabrikan menjanjikan sistem kemudi baru yang memberikan sensasi manuver yang lebih mudah dalam ruang yang sempit.

Meski begitu sistem ini tetap menawarkan kelincahan dan umpan balik pada kecepatan yang lebih tinggi. Disamping itu, sistem kemudi tersebut juga menjanjikan sistem kemudi baru yang memberikan akselerasi pada kecepatan yang lebih tinggi.

“Pada kecepatan rendah, seperti ketika ada di tempat parkir atau manuver pada tempat sempit ,sistem baru ini akan membuat kendaraan lebih lincah dan lebih mudah melakukan akselerasi. Hal tersebut karena sistem otomatis kemudi yang berpengaruh langsung ke roda,” tutur petinggi Ford.

Dijelaskan lebih lanjut, teknologi ini juga mengatur kompleksitas kemampuan kemudi dengan menambahkan sistem perseneling pada roda kemudi mobil. Teknologi ini pada dasarnya mengubah rasio kemudi dengan cepat. Selain itu teknologi ini dapat menambah atau mengurangi akselerasi kemudi sesuai dengan pengaturan pengemudi.

Petinggi Ford tersebut juga menjelaskan optimalisasi respon kemudi melalui Adaptive Steering. Hal tersebut memungkinkan reaksi kendaraan yang lincah dan terukur sehingga mudah dikendalikan pengemudi.

Sebenarnya, perusahaan ini sudah mengaplikasikan moda kemudi ini pada beberapa model, termasuk Focus dan Mustang. Meski begitu sistem tersebut hanya mengubah kelenturan pada rasio kemudi. Sampai saat ini belum jelas apakah sistem Adaptive Steering akan diintegrasikan dengan pengaturan yang sama ataupun dengan memberikan dengan rasio yang lebih rendah dalam mode  sporty.

Pabrikan mengharapkan teknologi kemudi baru ini akan tersedia dalam hitungan beberapa bulan ke depan. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan