home Berita Terkini, Mancanegara, Teknologi TRL Ungkap Perannya dalam Dynamic Charging

TRL Ungkap Perannya dalam Dynamic Charging

mobkom-image-trl-ungkap-perannya-dalam-dynamic-charging
Foto: Smart Planet

Organisasi peneliti otomotif Inggris, TRL telah mengungkapkan peran kuncinya dalam sebuah proyek besar kendaraan listrik untuk Eropa yang dinamakan dynamic charging atau pengisian dinamis.

Seperti dilansir MIM, Dynamic Charging ini akan melibatkan dua tipe pengisian untuk kendaraan bertenaga baterai yaitu nirkabel dan konduktif.

Nirkabel atau yang akrab disebut wireless akan menggunakan dua buah koil magnetik, dimana satu koil akan diletakkan di kendaraan sementara lainnya akan diletakkan di jalan.

Dan metode yang digunakan adalah medan magnet yang berosilasi sehingga dapat menghantarkan energi dari permukaan yang lebih rendah ke yang lebih tinggi dan cara ini akan bekerja dalam jarak sekitar 20cm dan lebih dari 95 persen efisien.

Selain itu, ada pula pengisian wireless statis yang merupakan sebuah opsi yang paling memungkinkan. Hal tersebut dikarenakan dimana banyak manufaktur kendaraan listrik yang telah berkomitmen untuk memasang perangkat keras seperti ini dalam model masa depan.

Sedang terkait proses pengisiannya, pengisian konduktif menggunakan metode yang mirip digunakan pada trem dan kereta dimana kendaraan akan mengikuti sistem jalur dan menggunakan koneksi fisik untuk menarik tenaga.

Dan menurut keterangan yang berhasil dikumpulkan, penelitian akan tema ini sudah berjalan selama empat tahun yang dinamakan FABRIC ( Feasibility Analysis and Development of On-Road Charging Solutions for Future Electric Vehicles) dengan hampir lebih dari 30 perusahaan dan organisasi di sepanjang Eropa mendukung program ini dengan para ahli-ahli mereka. (MOS)

Editor : Edwardson

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan