home Berita Terkini, Mancanegara, Teknologi Toyota Luncurkan Dua Mesin Irit Bahan Bakar Terbaru

Toyota Luncurkan Dua Mesin Irit Bahan Bakar Terbaru

mobkom-image-toyota-luncurkan-dua-mesin-irit-bahan-bakar-terbaru
Foto: Toyota

Pabrikan asal Jepang, Toyota, meluncurkan dua mesin terbaru mereka yang diberitakan telah mengalami peningkatan keiritan bahan bakar pada Kamis (10/04) waktu setempat.

Seperti dilansir autoevolution, kedua mesin bensin Toyota tersebut masing-masing berspesifikasi 1.3- dan 1-liter dengan peningkatan pembakaran dalam dan teknologi minim reduksi.

Dan meski tergolong kecil, namun kedua mesin tersebut juga diklaim 10 persen lebih efisien bahan bakar dari sebelumnya.

Selain itu, dikabarkan pula mesin tersebut akan digunakan untuk kendaraaan generasi baru dengan 12 variasi mesin yang akan diluncurkan secara global pada 2015.

1.3l Atkinson cycle

Terkait tujuan penggunaannya, mesin pertama ini adalah mesin empat-silinder 1.3-liter yang menggunakan teknologi Atkinson cycle dimana normal biasanya digunakan untuk mesin hybrid mandiri.

Dan teknologi ini akan digunakan dengan tujuan meningkatkan rasio perpanjangan gas dan pengurangan panas yang tereduksi melalui rasio kompresi yang lebih tinggi (13.5) yang berdampak pada efisiensi thermal keseluruhan yang tinggi.

Sedang keiritan bahan bakarnya diamankan melalui port intake yang didesain ulang sehingga akan menimbulkan sebuah aliran udara kuat didalam silinder sebagaimana teknologi VVT-ie (Variable Valve Timing-intelligent Electric) yang dipadukan dengan sistem ERG (exhaust gas recirculation).

Hasilnya adalah mesin baru ini nantinya akan memiliki efesiensi thermal yang naik hingga 38 persen dan bila dipadukan dengan fungsi lain akan dapat menghasilkan peningkatan keiritan konsumsi bahan bakar hingga 15 persen.

1-liter

Mesin kedua adalah mesin bensin 1-liter yang dikembangkan bersama oleh Daihatsu Motor Co., Ltd. yang dibuat untuk mencapai efisiensi thermal maksimum 37 persen.

Selain itu, mesin ini menggunakan sistem aliran udara yang sama dengan perpaduan sistem EGR pendingin dan rasio kompresi yang lebih tinggi.

Mesin ini juga akan menggunakan start-stop dan fungsi lainnya yang akan membantu mencapai konsumsi bahan bakar maksimum sekitar 30 persen dari versi sebelumnya. (MOS)

Editor : Edwardson

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan