mobkom-image-microsoft-siapkan-windows-infotaiment-untuk-kendaraan

Microsoft Siapkan Windows Infotaiment untuk Kendaraan

mobkom-image-microsoft-siapkan-windows-infotaiment-untuk-kendaraan
Foto: The Verge

Raksasa teknologi Microsoft dikabarkan tengah mengembangkan platform Windows infotaiment kendaraan yang disiapkan untuk menandingi Apple Carplay dan Google Android.

Hal itu terungkap saat dipamerkan kepada publik dalam konferensi Build yang diadakan Microsoft pekan lalu.

Dan dalam kesempatan tersebut, Direktur “Internet of Things” Microsoft, Steve Teixeira, mendemonstrasikan fungsi dasar seperti navigasi, media playback, dan panggilan suara, seperti dilansir video yang dikeluarkan The Verge.

Selain itu, platform tersebut juga dikabarkan berfungsi sebagai perpanjangan interface “Metro” yang bertugas sebagai dasar untuk Windows Phone yang pengaturan kontennya disajikan melalui ubin berkontras tinggi.

Dan aplikasi tersebut turut mengaktifkan standar Mirrorlink untuk berkomunikasi dengan perangkat Windows Phone yang diklaim akan dapat menyediakan beberapa fungsi utama tanpa mengharuskan ponsel keluar dari saku pengendara.

Sedang untuk mengembangkan aplikasi tersebut, tersiar rumors yang menyatakan Microsoft membutuhkan pengembang pihak ketiga, sehingga membuat pengungkapan tekonologi terbaru tersebut dilakukan secara diam-diam mengingat aplikasi ini dibuat untuk mengoptimalkan standar keamanan dalam sistem infotainment kendaraan.

“Bila mobilku dalam mode berkendara, salah satu hal yang kami seriusi adalah memungkinkan para pengembang aplikasi untuk membuat sebuah standar interface pengguna yang sanggup melakukan pengendaraan umum. Hal tersebut ditujukan untuk perilaku berkendara  yang aman dan nyaman,” jelas Teixeira.

Seperti dilansir Leftlane News, konsep tersebut juga akan mengalami pengujian secara nyata pada trek, dan yang akan menjadi fitur utama untuk bahan pengujian adalah input suara, dimana dalam hal ini terdengar mirip seperti teknologi Siri dari Apple, namun pada Build masih terbatas pada interaksi layar sentuh.

Dan hingga berita ini diturunkan Microsoft belum mengumumkan kemitraan formal mereka dengan pabrikan untuk membawa Windows infotaiment ini  ke dalam kendaraan. (MOS)

Editor : Edwardson

Tinggalkan Balasan