mobkom-image-mobkom-image-rolls-royce-dan-daimler-ag-akhiri-kerjasama

Rolls-Royce dan Daimler AG Akhiri Kerjasama

Berita Terkini Mancanegara
mobkom-image-rolls-royce-dan-daimler-ag-akhiri-kerjasama
Foto: Istimewa

Kerjasama yang telah berlangsung selam tiga-tahun antara Daimler AG dan Rolls-Royce dikabarkan akan berakhir dalam beberapa bulan kedepan, dengan penjualan 50 persen saham Daimler kepada partnernya.

Seperti dilansir Autoevolution, pihak pembeli yaitu Rolls-Royce mengabarkan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk mengambil alih seluruh kepemilikan perusahaan.

Selain itu, pemindah-alihan kekuasaan tetap akan dilakukan enam bulan kedepan menggunakan uang tunai dan beberapa pinjaman dari pihak Inggris.

Sedang pihak Daimler mengakui penjualan properti bersama tersebut memang sebuah langkah yang pantas karena reputasi Rolls-Royce yang sudah mumpuni dalam menggarap sistem penggerak industri.

“Dalam koordinasi yang dekat dengan Rolls-Royce, selanjutnya kami akan berkonsentrasi pada bisnis mesin diesel kelas sedang dan berat,” ujar Dr. Wolfgang Bernhard, Anggota Dewan Menejemen Daimler untuk truk dan bus.

Dan dari informasi yang berhasil dihimpun, kerjasama ini sebenarnya telah berlangsung lama dibawah nama Tognum.

Hingga pada tahun 2011 kesepakatan antara Rolls-Royce dan Daimler melahirkan sebuah proyek yang dinamakan Rolls Royce Power Systems (RRPS).

Proyek yang didaftarkan di Friedrichshafen, Jerman tersebut berkonsentrasi pada pembuatan mesin besar berkecepatan tinggi dan sistem penggerak untuk kendaraan berat seperti tank dan industri-industri besar lainnya.

Dan meski 50-persen saham Daimler sudah dipastikan terjual, hal tersebut tidak akan mengubah perlakuan Daimler kepada RRPS.

Dikabarkan, Daimler akan tetap menyuplai RRPS dengan mesin diesel kelas sedang dan berat sampai 2025 sebagai bagian dari kerjasama mereka yang tidak akan terpengaruh oleh pengakhiran kerja sama. (MOS)

Editor : Edwardson

Hits: 16

Tinggalkan Balasan