mobkom-image-NASCAR-Rencanakan-Pangkas-Dayakuda

NASCAR Rencanakan Pangkas Dayakuda

Berita Terkini Mancanegara
mobkom-image-NASCAR-Rencanakan-Pangkas-Dayakuda
Foto: Tyler Barrick/Autostock

Pertandingan balap mobil NASCAR Spring Cup dikabarkan akan mengurangi dayakuda (dk) mulai musim depan. Salah satu alasannya adalah perpanjangan umur mesin V8.

Seperti dilansir FoxSports dalam wawancaranya dengan wakil presiden Competition and Racing Development NASCAR, Robin Pemberton, NASCAR telah mengadakan pertemuan dengan wakil dari Chevrolet, Ford dan Toyota perihal pembahasan mesin, aerodinamika dan pergantian ban untuk 2015.

Lebih lanjutnya, menurut Pemberton, percakapan tahap awal tersebut telah membahas tentang pengurangan ukuran mesin dan perubahan pada ukuran karburator.

“Tidak ada jaminan tentang dampak dayakuda pada kualitas balapan, tetapi pemangkasan tersebut akan memungkinkan kami melakukan hal-hal yang lain,” ujarnya.

Pemberton sendiri belum melansir berapa banyak pengurangan dayakuda yang akan dilakukan NASCAR, tetapi dirumorkan akan ada sekitar 75 sampai 100 dayakuda yang akan dipangkas. Sementara itu pada gelaran NASCAR Sprint Cup saat ini, mesin yang tengah diusung berkekuatan sekitar 850 dk dan torsi 530 pound.

Sementara itu pihak pabrikan seperti Ford dan Chevrolet mendukung penuh keputusan NASCAR bila hal tersebut dapat menambah daya tahan dan kualitas dari balapan.

“Kami secara aktif terlibat dengan NASCAR dalam strategi kompetisi dan pertimbangan bisnis. Di samping itu kami turut mendukung usaha NASCAR yang berkerjasama dengan pabrikan untuk perkembangan balapan,” jelas Jamie Allison, direktur Ford Racing.

“Bila hal tersebut benar-benar akan menolong balapan dan bahkan menambah daya tahan mesin pada akhirnya, hal tersebut bukanlah sebuah ide yang buruk,” ungkap Pat Suhy, selaku NASCAR Group Management untuk Chevrolet Racing. Ditambahkannya, dia sangat berharap hal tersebut akan dapat membuat semuanya akan lebih baik. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan