mobkom-image-amerika-tengah-jadi-jalur-mudah-ekspor-mobil-?

Amerika Tengah Jadi Jalur Mudah Ekspor Mobil?

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-amerika-tengah-jadi-jalur-mudah-ekspor-mobil
Foto : InautoNews

Walau di negara Amerika Tengah tidak memiliki produsen mobil lokal, tetapi negara tersebut  kini menjadi pusat manufaktur yang sangat penting karena biaya tenaga kerja rendah, dan sistem pemasok sangat baik.

Selain itu, Amerika Tengah juga dikabarkan kini telah menjadi akses atau jalur yang mudah untuk mengekspor mobil ke Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Eropa.

Hal tersebut dikabarkan terjadi karena pembangunan ekonomi dari pemerintah Meksiko seperti perjanjian perdagangan bebas yang terkenal di Amerika Utara yang ditandatangani oleh Presiden AS Bill Clinton dua dekade lalu.

Selain itu, kini Meksiko juga memiliki 10 perjanjian perdagangan bebas lain yang meliputi 43 negara yang memungkinkan mereka untuk mengekspor tanpa membayar pajak.

” Ini adalah karya pembangunan ekonomi, “kata Sean McAlinden, ekonom senior untuk Pusat Riset Otomotif,”.

Meksiko sendiri, lanjutnya, merupakan industri otomotif terbesar di dunia dan itu akan menjadi dua kali ukuran di Kanada dalam produksi kendaraan pada tahun 2016.

Hal itu menurutnya karena dalam waktu kurang dari seminggu, dua produsen mobil global utama; Honda dan Mazda akan membuka dua fasilitas manufaktur di negara itu diantara tahun 2013 dan 2015.

Dan dari informasi yang berhasil dihimpun, produsen mobil Volkswagen dan Chrysler dalam waktu dekat akan berinvestasi di Meksiko dengan nilai investasi berkisar 6800 Juta US Dolar.

Mike Jackson, direktur IHS Otomotif di Amerika Utara mengatakan, produksi kendaraan otomotif di Meksiko memang diatur untuk dapat mencapai 4,5 juta unit mobil pada tahun 2020. (DD)

Editor : Edwardson

Tinggalkan Balasan