mobkom-image-

Rally Dakar, Dijuluki Pertandingan Terkeras di Dunia

Berita Terkini Event Mancanegara
mobkom-image-
foto: Istimewa

Sejak kepindahannya dari Afrika ke Amerika Utara, Rally Dakar telah mendapat julukan sebagai pertandingan balap terkeras di dunia.

Gelaran Rally Dakar 2014 dimulai pada 5 Januari dan berakhir 18 Januari 2014 dengan jarak sejauh 9,375 km yang terbentang dari Argentina, Bolivia dan sampai ke Chili.

Seperti dikutip dari Pickup Trucks, setengah permulaan perlombaan yang dimulai gurun pasir Rosario, Argentina adalah awalan yang terlalu keras. Hal tersebut ditunjukan dengan panas gurun sebelah barat Argentina yang sanggup mencapai 120 derajat celcius.

Selain itu, setelah berpanas-panasan ria para kontestan motor trail harus menempuh medan yang berbalik 180 derajat. Guyuran hujan lebatpun harus mereka tempuh setelah melewati gurun pasir Rosario.

Robby Gordon adalah contoh peserta yang juga mengalami beratnya medan. Meskipun dia adalah kandidat favorit dengan truk barunya HST Gordini, medan yang keras memaksanya untuk mengalami masalah bahan bakar karena panas yang pada akhirnya membuat dia kehabisan waktu karena memperbaiki kendaraan dan harus keluar dari pertandingan.

Hal yang sama juga dialami Giniel De Viller sebagai calon pemenang potensial. Pasalnya, dirinya juga mengalami masalah mesin di awal dibarengi dengan navigasi yang buruk yang terpaksa memaksa dirinya mengakhiri perlombaan di tempat keempat.

Calros Sainz yang telah memenangkan kejuaraan tahun 2010 dengan VW Race Touareg menderita badai pasir di gelaran kali ini. Dengan SMG buggy dia hanya sanggup menang di hari keempat. Alhasil dia harus merelakan posisinya direbut Roma karena masalah mesin, hingga akhirnya dia harus undur karena buggynya menabrak di hari kesembilan.

Tim Mini yang memenangkan gelaran tahun ini juga turut merasakan hal yang serupa. Salah satu pengemudinya, sang juara Dakar 11 kali Stephane Peterhansel menderita keterlambatan waktu gegara masalah ban. Dia kehilangan 24 menit dalam babak ketiga dengan kebocoran ban berulang kali.

Ditotal hanya 62 dari 147 mobil partisipan yang sanggup mengakhiri pertandingan selama 14 hari ini. Dengan 42 persen rata-rata penyelesaian, Rally Dakar 2014 adalah yang terkeras dalam kurun waktu sedekade terakhir. (MOS)

Editor : Edwardson

 

Hits: 37

Tinggalkan Balasan