Mobkom-Image-Inggris-Melarang-Pengendara-Mobil-Merokok-Dengan-Anak-anak

Inggris Siapkan Larangan Merokok di Dalam Mobil

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Inggris Melarang Pengendara Mobil Merokok Dengan Anak-anak
Foto : LeftlaneNews

Politisi dari partai Buruh di Inggris telah mempersiapkan  amandemen undang-undang yang akan membuat ilegal bagi pengendara yang merokok di dalam mobil ketika  mereka sedang membawa anak-anak..

Pendukung RUU mengklaim, dari hasil penelitian tersebut terungkap merokok di dalam mobil jauh lebih berbahaya daripada merokok di luar ruangan, bahkan jika jendela terbuka sebagian besar asap tetap terperangkap di ruang tertutup. Hal tersebut karena asap rokok sangat merugikan anak-anak, dan  menghadapkan mereka ke berbagai karsinogen yang ditemukan pada asap rokok.

“Orang dewasa pun bebas untuk membuat pilihan mereka sendiri, tetapi jangan diberlakukan untuk anak-anak, dan itu sebabnya masyarakat memiliki kewajiban untuk melindungi mereka dari bahaya yang dapat dicegah,” papar politisi yang telah mendukung.

Seperti dikutip LeftlaneNews, para buruh belum jelas tentang jenis hukuman ketika melanggar, tetapi sumber yang dekat dengan masalah tersebut telah mengisyaratkan pelanggar hukum bisa didenda hingga £ 60 (sekitar 100 dolar AS) untuk pelanggaran firsttime.

Seperti yang diharapkan, RUU telah menarik adil dari kritik di seluruh Britania Raya. Para penentang mengatakan, banyak orang dewasa sudah tahu untuk tidak merokok di dalam mobil ketika anak-anak sedang berada didalamnya. Namun, masalah ini lebih baik ditangani oleh kampanye pendidikan, bukan oleh penciptaan hukum yang akan memberikan akses pemerintah ke ruang individu.

Simon Clark, Direktur kelompok pro merokok mengatakan, pihaknya sudah mengetahui bagaimana mereka harus bersikap ketika berkendara didalam mobil bersama anak-anak. “Maka mari kita mendidik mereka, tapi jangan memakai undang-undang,” serunya.

Larangan merokok tidak hanya dilakukan di Inggris saja tetapi sebagian negara-negara lain seperti Afrika Selatan, enam negara bagian Australia, Siprus, sembilan provinsi Kanada dan delapan negara bagian AS termasuk Arkansas, California dan Louisiana sudah melarang perokok dari pencahayaan dengan anak-anak di kursi belakang. Finlandia, Irlandia dan Belanda sedang mempertimbangkan tindakan serupa. (DD)

Editor : Edwardson

Hits: 20

Tinggalkan Balasan