Mobkom-Image-Sammartino-Bangun-Hot-Rod-dari-Ribuan-Lego

Sammartino Bangun Hot Rod dari Ribuan Lego

Berita Terkini Mancanegara Modifikasi Teknologi
Mobkom-Image-Sammartino-Bangun-Hot-Rod-dari-Ribuan-Lego
Foto: Rod Authority

Lego adalah sebuah bentuk bangun bongkar pasang yang sangat cocok digunakan untuk mengasah otak para kaum muda. Tapi jangan salah, untuk Steve Sammartino, mainan ini bisa menjadi sangat serius. Dibuat di atas ribuan Lego, pria ini menciptakan sebuah hot rod sungguhan yang dapat berjalan dan dikendarai.

Tercatat tidak kurang dari 500 ribu unit Lego yang digunakan untuk membangun hot rod ini. Sammartino tentunya tidak membangun ini sendirian, sebagai permulaan dia membutuhkan dukungan. Maka langkah awal yang dia lakukan adalah mengumpulkan donasi dana via twitter. Alhasil dana yang dikumpulkan untuk merealisasikan hot rod ini tercatat 18,300 dolar AS yang didonasikan oleh lebih dari 40 orang pendonor.

Secara keseluruhan hampir semua bagian dari hot rod tersebut dibuat dari tumpukan Lego hitam dan kuning. Tidak ada bahan perekat yang digunakan, murni semua berasal dari teknik bongkar-pasang. Pengecualian hanya terdapat pada pelek, ban, suspensi dan meteran. Untuk joknya sendiri tidak ada penambahan, sang penemu bahkan berujar hot rod ini adalah tunggangan terkeras yang ada di industri otomotif.

Berteknologi Udara
Tidak hanya di sasis dan bodywork saja, ternyata pengaplikasian Lego juga digunakan di permesinan. Sammartino tidak sendirian di sini, untuk urusan teknik dia dibantu oleh Raul Oaida. Keduanya bertemua di internet dan Oaida adalah pria yang bertanggung jawab akan teknik penggerak yang seutuhnya dibuat dengan Lego.

Foto: Clean Technica

Hampir mirip dengan teknik yang digunakan di Mazda, hot rod ini menggunakan sistem kompresi udara sebagai penggerak. Tidak ada tenaga listrik maupun hybrid yang digunakan, 100 persen tenaga datang dari kompresi dua tangki kecil yang ada disisi mobil. Semuanya disalurkan ke mesin yang terdiri dari empat orbital yang saling berhubungan di tengah. Setiap dari mereka mempunyai 64 silinder dan dibangun menggunakan piston-piston buatan Lego.

Hasil yang didapat tidak mengecewakan. Hot Rod Lego ini sanggup berjalan dengan kecepatan 29km per-jam dan membuktikan tujuan dari sang kreator sebagai sebuah peralatan kendaraan yang ramah lingkungan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan