Mobkom-Image-Penjualan-Kendaraan-Listrik-Meroket-di-2013

Penjualan Kendaraan Listrik Meroket di 2013

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Penjualan-Kendaraan-Listrik-Meroket-di-2013
Foto: Green Car Parade

Segmen kendaraan listrik masih merupakan bagian kecil dari dunia otomotif yang besar. Tetapi keadaan itu tidak akan berlangsung lama. Hal tersebut terlihat dari meroketnya penjualan kendaraan listrik di tahun 2013.

Seperti yang dilansir oleh Detroit News, penjualan kendaraan listrik plug-in naik drastis 84 persen di tahun 2013. Tercatat ada 96 ribu unit kendaraan listrik dari berbagai merek yang terjual di tahun 2013. Dari jumlah tersebut 49 ribu unit merupakan kendaraan plug-in hybrid, yang mana naik 27 persen dari 2012. Sementara untuk sisanya adalah model listrik murni yang naik 241 persen dibanding tahun lalu, menorehkan catatan penjualan sebanyak 47,6 ribu unit.

Untuk kategori yang lain adalah tradisional hybrid yang naik 15,3 persen daripada tahun sebelumnya. Sebanyak 489,413 unit kendaraan jenis tersebut yang terjual di 2013. Di sisi pabrikan Toyota menggenggam dominasi segmen kendaraan hybrid di tahun 2013, dengan perolehan 60 persen sharing pasar.

Walaupun teknologi dalam meningkatkan kapasitas baterai telah menolong penyebaran kendaraan plug-in, tetapi harga yang diturunkanlah yang menjadi pemicu meroketnya penjualan di 2013. Hampir setiap pabrikan memotong harga kendaraannya tahun lalu. Diantaranya ada Nissan yang mengurangi harga sebesar 18 persen untuk model terbaiknya, Leaf. General Motors juga melakukan hal yang sama dengan memberikan potongan 5,000 dolar AS  dari model plug-in mereka, Volt.

Sementara harga bahan bakar bensin yang menurun di tahun 2014 bisa menjadi ancaman. Pasalnya teknologi pengaplikasian plug-in pada kendaraan masih tergolong mahal. Tetapi sebuah keoptimisan pada segmen ini masih banyak dan mengarapkan rekor baru penjualan tercatat di tahun ini. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan